Kabar Baik! Penumpang dan Nahkoda Bitung-Lembeh Kini Terproteksi Asuransi dan Terdigitalisasi E-Manda Kabar Baik! Penumpang dan Nahkoda Bitung-Lembeh Kini Terproteksi Asuransi dan Terdigitalisasi E-Manda - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kabar Baik! Penumpang dan Nahkoda Bitung-Lembeh Kini Terproteksi Asuransi dan Terdigitalisasi E-Manda

9 June 2023 | 19:35 WIB Last Updated 2023-06-09T11:35:16Z

 

Launching Program Pemberian Dana Subsidi Iuran Wajib Kapal Laut Bagi Penumpang dan Nahkoda Perahu Taksi dan Peluncuran Aplikasi E-Manda. Foto Ridho L Tobing/indimanado.com


BITUNG, Indimanado.com - Kabar bagi penumpang dan nahkoda perahu taksi rute Dermaga Ruko Bitung - Pulau Lembeh, kini sudah terproteksi asuransi keselamatan.

Proteksi bagi penumpang dan nahkoda di penyeberangan ini telah diluncurkan oleh Walikota Bitung, Ir Maurits Mantiri MM di Aula SH Sarundajang, Kantor Walikota Bitung, Rabu (7/6/2023) pekan ini.

Selain itu, juga diperkenalkan aplikasi Elektronik Monitoring Manifest Penumpang Pelabuhan Rakyat dan Data Kapal (E-Manda).

Jaminan asuransi keselamatan penumpang perahu taksi rute Dermaga Ruko Bitung - Pulau Lembeh dan penerapan aplikasi E-Manda berkat gagasan Pemkot Bitung melalui Dinas Perhubungan bekerja sama dengan PT. Jasa Raharja Cabang Sulawesi Utara.

Terlaksananya dua program ini diapresiasi Walikota Maurits Mantiri. Menurutnya ini sebagai bentuk dukungan terwujudnya Bitung Kota Digital. Kehadiran aplikasi E- Manda akan mempermudah monitoring aktifitas perahu taksi Bitung - Lembeh.

Sehubungan dengan asuransi keselamatan penumpang dan nakhoda perahu taksi, Pemkot Bitung membayarkan premi kepada PT. Jasa Raharja sebagai bentuk subsidi asuransi keselamatan, mengingat potensi keadaan/situasi terburuk bisa saja terjadi saat pelayaran Bitung - Lembeh.

Subsidi asuransi keselamatan ini, menjadi program satu - satunya yang ada di Sulut dan juga Indonesia.

"PT.Jasa Raharja Cabang Sulut bersama Pemkot Bitung menggagas kerjasama untuk Asuransi Kecelakaan dan Tanggung jawab dalam bentuk subsidi kepada Iuran Wajib Kapal Laut ( IWKL) dan itu diintegrasikan dalam bentuk digital dengan di rilisnya aplikasi E-Manda," terang Kepala Cabang PT.Jasa Raharja Sulut, Amaluddin Salam.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bitung, Ricy Tinangon menjelaskan bahwa subsidi asuransi perahu taksi dermaga Ruko Bitung ke Pulau Lembeh adalah bentuk kepedulian serta hadirnya pemerintah sebagai bentuk antisipasi kemungkinan terjadinya hal terburuk.

Tinangon juga mengungkapkan bahwa E- Manda, Elektronik Manifest penumpang adalah layanan monitoring manifest, pengawasan, transparansi untuk menghindar dari pungutan yang tidak diperlukan serta memberikan perlindungan serta keselamatan penuh bagi penumpang dan nakhoda.

Saat ini, manfaat Premi Subsidi asuransi keselamatan berlaku bagi 148 perahu taksi dengan menggunakan APBD Kota Bitung.

Pada acara tersebut, Kadishub Ricy Tinangon berkesempatan menyerahkan alat keselamatan kepada perwakilan nahkoda perahu taksi.
(Ido Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close