Pemkot Bitung Berkomitmen Wujudkan Zona Integritas WBK dan WBBM sebagai Langkah Reformasi Birokrasi Pemkot Bitung Berkomitmen Wujudkan Zona Integritas WBK dan WBBM sebagai Langkah Reformasi Birokrasi - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemkot Bitung Berkomitmen Wujudkan Zona Integritas WBK dan WBBM sebagai Langkah Reformasi Birokrasi

30 August 2023 | 06:24 WIB Last Updated 2023-08-29T22:24:00Z
Ir. Maurits Mantiri MM. Ist

Bitung, indimanado.com - Pemerintah Kota Bitung secara resmi mencanangkan implementasi Zona Integritas (ZI) dengan tujuan mencapai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Acara penting ini berlangsung pada Selasa, 29 Agustus 2023, dan dihadiri oleh Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri MM, serta Wakil Walikota Bitung, Hengky Honandar SE. Langkah ini merupakan komitmen nyata Pemkot Bitung dalam mengubah budaya kerja birokrasi menuju integritas, transparansi, dan akuntabilitas di seluruh lapisan pemerintahan dan layanan publik

Dalam sambutannya, Walikota Maurits Mantiri memaparkan bagaimana Island of Integrity/ Zona Integritas dalam unit kerja merupakan praktek lanjutan dari eksistensi pengembangan keilmuan administrasi publik dan tata kelola pemerintahan yang dapat berfungsi sebagai "imun" (Daya tahan) sekalipun instansi pemerintah disekitarnya didominasi oleh manajemen dan tata kelola yang buruk.

"Menciptakan kinerja organisasi yang bebas korupsi merupakan dampak sekaligus tujuan utama dari pelaksanaan Island Of Integrity," ucap Walikota Mantiri.

Menurut Walikota, untuk mewujudkan zona integritas ini tidak hanya dengan kalimat saja, tetapi harus di eksekusi, agar zona integritas berjalan sesuai dengan harapan kita bersama untuk menciptakan lingkungan yang bebas Korupsi.

Pencanangan WBK dan WBBM ini didasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 90 tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Instansi Pemerintah, Island of Integrity mempunyai tiga tujuan utama yaitu :
1. Menciptakan organisasi yang bebas dari korupsi;
2. Dapat menciptakan organisasi yang lebih efisien;
3. Mampu mempengaruhi lingkungan dan sistem yang lebih luas

Dengan dicanangkannya WBK dan WBBM ini diharapkan ASN dalam menciptakan island of integrity, diharapkan dapat membentuk komunitas dan lingkungan yang memiliki integritas. Bahkan lebih dari itu, diharapkan “menularkan” integritas dan mengajak satuan kerja yang lain untuk dapat membentuk komunitas yang berintegritas.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang SH Sarundajang turut di hadiri oleh, Unsur Forkopimda Kota Bitung serta Kepala Perangjat Daerah dan Camat Se Kota Bitung.
(Ridho L Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close