KPU Bitung Resmi Meluncurkan Program "Rabu Bacirita Pemilu" dengan Fokus Diskusi Langsung Bersama Masyarakat KPU Bitung Resmi Meluncurkan Program "Rabu Bacirita Pemilu" dengan Fokus Diskusi Langsung Bersama Masyarakat - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

KPU Bitung Resmi Meluncurkan Program "Rabu Bacirita Pemilu" dengan Fokus Diskusi Langsung Bersama Masyarakat

14 September 2023 | 19:24 WIB Last Updated 2023-09-14T11:24:20Z

Bitung, Indimanado.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bitung secara resmi telah meluncurkan program inovatif yang diinisiasi oleh KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), yaitu "Rabu Bacirita Pemilu." Peluncuran program ini berlangsung di Taman Kota, Kecamatan Madidir Kota Bitung pada Rabu (13/9/2023).

Acara peluncuran Program Rabu Bacirita Pemilu di Gedung KPU Sulut diikuti oleh KPU Bitung dan warga melalui Zoom Meeting. Tiga komisioner KPU Bitung, Deslie Sumampouw, Frangky Takasihaeng, dan Wiwinda Hamisi, bersama dengan staf PPK Kecamatan, hadir dalam kegiatan ini dengan tujuan untuk mensosialisasikan tahapan Pemilu 2024 kepada masyarakat.

Program ini akan menjadi agenda tetap mingguan bagi seluruh elemen KPU di Sulawesi Utara. Mereka akan mengunjungi masyarakat untuk berdiskusi mengenai semua aspek tahapan pemilu yang dilaksanakan oleh KPU sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Ketua KPU Provinsi Sulut, Kenly M. Poluan, menyampaikan tujuan dari program ini dalam sambutannya. "Dengan maksud, secara terorganisasi melaksanakan kunjungan untuk berdiskusi tentang semua tahapan pemilu yang KPU kerjakan, agar partisipasi pemilih bisa terekam secara bertahap," ungkap Poluan.

Dia berharap partisipasi pemilih dapat meningkat dari 82 persen pada pemilu sebelumnya melalui program ini.

Selain meningkatkan partisipasi, Ketua KPU Sulut juga menekankan peningkatan kualitas masyarakat dalam menentukan pilihan mereka sebagai tujuan utama dari program ini.

"Kita inginkan agar partisipasinya meningkat lagi. Kalau tahun sebelum nya ada 82 persen, mudah mudahan meningkat berdasarkan rekaman yang kita petakan melalui program ini, " ucapnya.

Acara tersebut juga melibatkan diskusi langsung dengan warga oleh beberapa KPU Kabupaten/Kota. Contohnya, KPU Bolaang Mongondow Utara berdiskusi dengan warga di Pangkalan Ojek, dan KPU Minahasa Selatan berdiskusi dengan masyarakat di pesisir pantai teluk Amurang. KPU Bitung juga terlibat dalam diskusi langsung bersama masyarakat yang berada di sekitar Taman Kota Bitung, sebagai bagian dari upaya mereka dalam menjalankan Program Rabu Bacirita Pemilu.

Kepala Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Bitung, Wiwinda Hamisi, mengungkapkan apresiasi terhadap program ini. "Rabu Bacirita ini baru dilaunching hari ini. Ini inisiasi dari KPU Sulawesi Utara dalam rangka, tujuan utamanya yaitu meningkatkan indeks partisipasi pemilih," jelas Wiwinda.

Dia juga menjelaskan bahwa personel yang akan melaksanakan Program Rabu Bacirita akan dipilih dari masing-masing PPK per Kecamatan, dengan dua lokasi yang berbeda setiap minggunya. Pelaksanaan acara akan melibatkan PPK, PPS, serta komisioner KPU Bitung, khususnya dari Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM.

Diskusi langsung yang dilakukan oleh Wiwinda Hamisi dengan siswi-siswi yang berada di Taman Kota menjadi contoh bagi seluruh jajaran KPU di Sulut untuk melakukan diskusi semacam ini secara rutin sebagai dukungan terhadap penyelenggaraan pemilu 2024. (Ridho L Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close