Rekrutmen CPNS 2023 Dimulai pada 17 September: Persiapkan Diri Anda! Rekrutmen CPNS 2023 Dimulai pada 17 September: Persiapkan Diri Anda! - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Rekrutmen CPNS 2023 Dimulai pada 17 September: Persiapkan Diri Anda!

14 September 2023 | 19:33 WIB Last Updated 2023-09-14T11:33:24Z
Foto istimewa

Indimanado.com - Warga Sulawesi Utara (Sulut) yang bercita-cita menjadi abdi negara melalui seleksi CPNS harus segera bersiap. Rekrutmen CPNS tahun 2023 akan resmi dimulai pada tanggal 17 September mendatang. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB), Abdullah Azwar Anas, memberikan imbauan kepada calon pelamar untuk mempersiapkan diri dan memahami persyaratan yang dibutuhkan.

Sebelum mendaftar, calon pelamar harus memahami syarat pendaftaran CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) secara umum. Ini mencakup batas usia pelamar, jabatan yang tersedia, kualifikasi pendidikan, dan persyaratan lainnya.

MenpanRB Anas menjelaskan, "Calon pelamar harus mengetahui formasi jabatan yang akan dilamar secara spesifik. Apakah jabatan tersebut dibuka untuk menjadi CPNS atau PPPK."

Selain itu, dia mengingatkan agar dokumen-dokumen yang diperlukan juga dipersiapkan terlebih dahulu. Ini termasuk ijazah, transkrip nilai, KTP, akta kelahiran, daftar riwayat hidup, dan dokumen lain yang akan diumumkan dalam pengumuman.

"Setiap instansi memiliki persyaratan khusus masing-masing. Pastikan untuk memahami dokumen yang dibutuhkan saat melamar. Jangan sampai ini menjadi kendala dalam proses pendaftaran," tegas Anas.

Berdasarkan Surat Kepala BKN No. 8229/B-KS.04.01/SD/K/2023 tentang Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN tahun 2023, pengumuman seleksi akan dilakukan oleh setiap instansi pemerintah mulai tanggal 16 hingga 30 September 2023. Pendaftaran dimulai pada tanggal 17 September dan berlangsung hingga 6 Oktober 2023.

Jadwal seleksi ini dapat diakses melalui situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) di https://www.bkn.go.id/unggahan/2023/08/S-Jadwal-Seleksi-CASN-2023-DS.pdf.

Selama pelaksanaan seleksi CASN, akan diterapkan sistem yang terbuka dan akuntabel. Computer Assisted Test (CAT) tetap digunakan, sehingga nilai peserta dapat dilihat secara real-time.

MenpanRB Anas juga mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati terhadap modus penipuan yang dilakukan oleh oknum yang menjanjikan kelulusan dengan meminta imbalan tertentu. "Harap waspada terhadap oknum yang menjanjikan kelulusan dan meminta imbalan, karena ini jelas penipuan. Persiapkan diri semaksimal mungkin untuk mengikuti seleksi CASN dengan baik," kata Anas. (*Alfa Jobel)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close