Pengurus PWI Kota Bitung Periode 2024-2027 Dikukuhkan Pengurus PWI Kota Bitung Periode 2024-2027 Dikukuhkan - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pengurus PWI Kota Bitung Periode 2024-2027 Dikukuhkan

9 March 2024 | 12:39 WIB Last Updated 2024-03-09T05:37:03Z
Ketua PWI Sulawesi Utara (Sulut) Drs.Voucke Lontaan saat mengambil sumpah dan janji Pengurus PWI Kota Bitung.

Bitung, Indimanado.com - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bitung periode 2024-2027 resmi dikukuhkan pada Jumat, 8 Maret 2024.

Ketua PWI Sulawesi Utara (Sulut) Drs.Voucke Lontaan mengambil sumpah dan janji Ketua PWI Kota Bitung terpilih Muaz Taizar Basalamah bersama Sekretaris Giyat Eko Prasetyo dan Bendahara Yaser Baginda, setelah sebelumnya Sekretaris PWI Sulawesi Utara (Sulut) Merson Simbolon di awal prosesi pelantikan terlebih dahulu membacakan Surat Keputusan (SK) PWI Sulut Nomor : 04/SK/PWI-SULUT/III/2024 tentang Kepengurusan PWI Kota Bitung periode  2024-2027.


Selanjutnya, Walikota Bitung yang juga Dewan Penasehat PWI Sulawesi Utara Ir Maurits Mantiri MM menyerahkan pataka panji PWI kepada Ketua terlantik Muaz Taizar Basalamah sebagai puncak prosesi pelantikan yang menandai resminya kepengurusan baru PWI Kota Bitung.

Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan dalam bagian dari sambutannya mengatakan bahwa PWI sebagai lembaga pers yang menjadi bagian dari Konstituen Dewan Pers, bernaung dibawah satu aturan yaitu kode etik jurnalistik.


"Makanya sering saya sampaikan kepada teman-teman wartawan, marilah kita dalam memberikan publikasi, baik dengan berita politik, ekonomi, budaya, pendidikan, itu harus mengacu dengan kode etik jurnalistik dan yang paling penting itu adalah beritanya harus jujur," tandas Lontaan.

Lontaan juga menyampaikan kembali pesan Presiden RI saat menghadiri Hari Pers Nasional 2024 lalu, agar pers dapat selalu bekerja sama bersinergi dengan pemerintah.

"Kemarin waktu Hari Pers Nasional yang dihadiri oleh Bapak Presiden RI Bapak Ir Joko Widodo juga mengharapkan kepada pers selalu dengan pemerintah, baik Pemerintah Kabupaten/Kota ataupun dengan para aparat ataupun siapa saja,
sebab dengan bersama pemerintah, di satu sisi wartawan bisa mendapat informasi untuk pemberitaan dan di satu sisi, program-program pemerintah juga itu bisa disalurkan lewat teman-teman wartawan," ujar Lontaan.

Disamping itu, mengingat resiko hukum yang ada, Lontaan juga mengingatkan pentingnya pemberitaan yang berimbang.


"Oleh karena itu kepada teman-teman wartawan, selalu terus bersinergi dengan pemerintah dan siapa saja. Yang pasti kita membuat berita harus mengacu kepada kode etik jurnalistik secara berimbang," lugasnya.

"Kalau tidak berimbang, ini bahaya, tidak berimbang akan berurusan dengan aparat penegak hukum lewat Dewan Pers," tegas Lontaan.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Bitung Maurits Mantiri mengucapkan selamat atas pengukuhan pengurus PWI yang dilantik.

"Saya sangat senang bisa hadir di acara pelantikan ini untuk memberikan sambutan dan mengucapkan selamat kepada para pengurus PWI yang dilantik hari ini," ucap Mantiri.

"Saya mengajak seluruh anggota PWI Kota Bitung untuk bersama-sama menjaga integritas organisasi, memperkuat kemitraan dengan stakeholder terkait dan terus memperjuangkan hak wartawan dan tidak lupa jadikan PWI sebagai tempat bagi wartawan untuk saling bertukar pengalaman, pengetahuan, sehingga kita dapat terus memperbaiki dan meningkatkan standar jurnalistik di kota Bitung," ujar Mantiri.


Sementara itu, Ketua PWI terlantik Kota Bitung, Taizar Basalamah mengungkapkan syukurnya karena pelantikan berjalan lancar dan siap menjalankan amanah bersama pengurus PWI Kota Bitung terlantik.

"Alhamdulillah kami telah sama-sama mengikuti tahapan demi tahapan dalam kegiatan ini dengan tertib, aman dan lancar. Ini semua adalah,  atas dasar kerja sama yang baik dan sportifitas yang tinggi," hatur Basalamah.

"Kami ucapkan terima kasih banyak kepada PWI Sulut yang telah mempercayakan PWI BITUNG ini kepada kami. Bagi kami ini adalah amanah untuk meningkatkan kredibilitas dan integritas kami sebagai wartawan yang ada di Kota Bitung yang didasari oleh UU Pers dan Kode Etik," ucapnya.

"Untuk itu kami mengajak kepada seluruh pihak untuk, Mari sama-sama kita berkolaborasi demi Kota Bitung lebih baik lagi," ujar Basalamah.

Turut hadir pada acara pelantikan tersebut, Pengurus PWI Sulut, Perwakilan Forkopimda Kota Bitung, Para Kepala SKPD Kota Bitung serta unsur Lembaga Pemerintah Daerah Kota Bitung.

Berikut Susunan Pengurus PWI Kota Bitung Periode 2024-2027

Ketua : Muaz Taizar Basalamah
Wakil Ketua Bidang Organisasi : Abineno Mangetang
Wakil Ketua Bidang Hukum : Alvons Wodi
Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan : Mirawan Tajuddin.

Sekretaris : Giyat Eko Prasetyo
Wakil Sekretaris : Wesly Tamasiro

Bendahara : Yaser Baginda

Seksi Seksi :
Organisasi dan Keanggotaan : Jamal Gani
Pemuda dan Olahraga : Usman Nopo
Hubungan Antar Lembaga : Serdy Kakauhe
Pendidikan dan Telematika : Arham Licin
Media Siber : Laode Ali Mardhana
Hukum dan Politik : Michael Jacobus dan Rendi Rompas.
(Ridho L Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close