Selamat! Kota Bitung Kembali Meraih Adipura Kencana 2023 Selamat! Kota Bitung Kembali Meraih Adipura Kencana 2023 - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Selamat! Kota Bitung Kembali Meraih Adipura Kencana 2023

5 March 2024 | 21:19 WIB Last Updated 2024-03-07T02:22:18Z

Bitung, Indimanado.com - Selamat! Kota Bitung kembali meraih penghargaan Adipura Kencana 2023, tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atas kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang baik berupa pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau dengan cara-cara yang inovatif dan berkelanjutan.

Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar SE menerima langsung penyerahan Piala Adipura Kencana 2023 dari Wakil Presiden Republik Indonesia Prof Dr (H.C.) KH Ma'ruf Amin dan Menteri Lingkungan Hidup Dr Ir Siti Nurbaya Bakar MSc yang bertempat di Auditorium Dr Soedjarwo,  Gedung Manggala Wanabakti Jalan.Gatot Subroto Jakarta Pusat, Selasa (5/32024).

Kehadiran Wakil Walikota di KLHK saat menerima penghargaan Adipura Kencana 2023 tersebut turut didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Merianti Dumbela SE MAP.

"Pada Adipura Tahun 2023 telah dilaksanakan pemantauan lapangan terhadap 259 kabupaten/kota se-Indonesia atau kira-kira 50,39 persen dari 514 kabupaten/kota di Indonesia," ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

Penilaian Adipura 2023 dipimpin oleh Ketua Dewan Pertimbangan Adipura Ginandjar Kartasasmita yang beranggotakan para tokoh masyarakat, tokoh lingkungan juga pakar persampahan.

Selain itu, Kementerian LHK juga melibatkan pakar tata ruang perkotaan, jurnalis, serta aktivis lembaga swadaya masyarakat yang prominent dan ahli di bidangnya dengan dibantu tim teknis.

"Penilaian Adipura dilakukan dengan berbasis sistem dan data yang mewajibkan daerah untuk menyampaikan data pengelolaan sampah melalui Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN)," ungkap Siti Nurbaya.

Berdasarkan hasil pemantauan dan penilaian, 5 Kabupaten/Kota diantaranya Kota Balikpapan, Kota Surabaya, Kota Bontang, Kabupaten Ciamis dan Kota Bitung sendiri akhirnya terpilih untuk mendapatkan Piala Adipura Kencana 2023.

Menurut Siti Nurbaya, lima kota/kabupaten tersebut dipilih karena memperlihatkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang baik berupa pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau. Mereka juga melakukannya dengan cara-cara yang inovatif dan berkelanjutan.

Pada kesempatan yang sama, Ma'ruf Amin mengucapkan selamat kepada kepala daerah kota/kabupaten yang sukses menyabet anugerah Adipura Kencana 2023.

"Saya ucapkan selamat kepada para kepala daerah penerima penghargaan Adipura tahun 2023," ujar Ma'ruf.

"Penghargaan ini saya kira menjadi representasi keseluruhan dalam mengatasi permasalahan lingkungan pada umumnya, juga persoalan sampah dan ruang terbuka hijau," sambungnya.

Terakhir, Ma'ruf Amin berharap program ini dapat terus berlanjut dan diperkaya dengan beragam inovasi yang menarik. Serta menjaga esensi program Adipura senantiasa terjaga.

"Ke depan daya harap program ini dapat terus diperkaya dengan ragam inovasi, sehingga mampu menyesuaikan dengan dinamika zaman," pungkasnya.

Selain Adipura Kencana, dalam kesempatan itu KLHK juga memberikan penghargaan Anugerah Adipura kepada 106 kabupaten/kota yang mampu memberikan kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik pada 2023.
(Ridho L Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close