Pasangan Maurits Mantiri dan Hengky Honandar Retak, Bakal Bersaing di Pilkada Kota Bitung 2024 Pasangan Maurits Mantiri dan Hengky Honandar Retak, Bakal Bersaing di Pilkada Kota Bitung 2024 - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pasangan Maurits Mantiri dan Hengky Honandar Retak, Bakal Bersaing di Pilkada Kota Bitung 2024

9 May 2024 | 23:55 WIB Last Updated 2024-05-09T22:26:09Z
Maurits Mantiri dan Hengky Honandar

Bitung, Indimanado.com - Isu keretakan hubungan politik antara Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri MM, dan Wakil Walikota Hengky Honandar SE, terungkap dengan jelas saat Hengky Honandar mendaftarkan diri sebagai bakal calon Walikota Bitung 2024 dari Partai Nasdem Bitung pada tanggal 7 Mei 2024. Sementara itu, pengumuman Maurits Mantiri sebagai bakal Calon Walikota Bitung 2024 dari PDIP Sulut tidak menyebutkan Hengky Honandar sebagai bakal calon Wakil Walikota yang akan diusung.

Isu tentang keretakan hubungan politik antara Maurits Mantiri dan Hengky Honandar telah menguat seiring dengan berbagai peristiwa yang terjadi. Hengky Honandar telah resmi menjadi anggota Partai Demokrat pada 22 Februari 2024 dan direkomendasikan sebagai bakal calon Walikota Bitung 2024 oleh DPC Partai Demokrat Kota Bitung melalui Surat Keputusan Nomor: 19/RAKERCAB/DPC-PD/BITUNG/1/2024.

Sebelumnya, pada pertengahan tahun 2023, terdapat yel-yel "Hengky Honandar-Walikota!" saat pendaftaran bakal calon Legislatif dari Partai Gerindra di kantor KPU Kota Bitung. Selain itu, beredar foto Hengky Honandar bersama Ketua DPD Partai Demokrat Sulut Elly E Lasut yang diyakini sedang membicarakan rekomendasi Hengky Honandar sebagai calon Walikota Bitung.

Di sisi lain, Maurits Mantiri masih mencari pasangan sebagai Calon Wakil Walikota Bitung, seperti yang diungkapkan oleh Ketua DPD PDIP Sulut Olly Dondokambey. Pernyataan Olly Dondokambey ini menguatkan bahwa Hengky Honandar tidak lagi menjadi bagian dari pasangan yang diusung PDIP.

"Bitung, Maurits Mantiri lagi cari par (pasangan)," ungkap Olly Dondokambey dalam bagian dari pernyataannya di lobi kantor Gubernur Sulut, Senin (6/5/2024) pekan ini, saat merespon pertanyaan awak media terkait siapa Calon Kepala Daerah yang akan diusung oleh PDIP dalam Pilkada serentak tahun 2024 ini.

Pernyataan ini diperkuat dari hasil rapat konsolidasi dan koordinasi internal partai di Kantor DPD PDIP Sulut, Jalan Soekarno, Minahasa Utara, Selasa (7/5/2024). Dimana diputuskan untuk segera mengirimkan sejumlah nama calon kepala daerah ke DPP PDIP di Jakarta, dengan tidak mengikutsertakan nama Hengky Honandar.

Dengan demikian, pasangan MMHH (Maurits Mantiri-Hengky Honandar) yang diharapkan akan melanjutkan kepemimpinan mereka di Kota Bitung untuk periode kedua harus berhenti di periode pertama. Kedua tokoh ini dipastikan akan bersaing dalam Pilkada Kota Bitung pada 27 November mendatang.

Berikut Nama Calon Kepala Daerah PDI Perjuangan yang diusulkan:

• MANADO : Andrei Angouw-Richard Sualang

• BITUNG : Maurits Mantiri

• TOMOHON : Caroll Senduk

• SITARO : Evangelian Sasingen

• MINUT : Joune Ganda-Kevin Lotulung

• MINAHASA : Robby Dondokambey

• MITRA : Ronald Kandoli

• MINSEL : Franky Wongkar

• BOLMONG : Limi Mokodompit. 

(Ridho)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close