Ditutup 5 hari, Bandara Sam Ratulangi Kembali Beroperasi Ditutup 5 hari, Bandara Sam Ratulangi Kembali Beroperasi - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ditutup 5 hari, Bandara Sam Ratulangi Kembali Beroperasi

5 May 2024 | 16:53 WIB Last Updated 2024-05-05T08:53:49Z
Bandara Sam Ratulangi Manado. (Foto istimewa)
Bandara Sam Ratulangi Manado. (Foto istimewa)

MANADO, Indimanado.com - Setelah ditutup selama 5 hari akibat erupsi Gunung Ruang,hari Minggu  (5/05/2024) tepat pukul 10.00 WITA,pelayanan operasional Bandara Sam Ratulangi resmi dibuka  kembali. 

Berdasarkan hasil rapat koordinasi bersama stakeholder Bandara Sam Ratulangi yang dipimpin oleh Ka Otban Wilayah 8 Manado, diputuskan bahwa Bandara Sam Ratulangi dibuka kembali untuk pelayanan operasional penerbangan.

Maya Damayanti selaku General manager PT. Angkasa Pura I mengatakan bahwa selanjutnya Pihak Bandara akan tetap  melakukan penyiraman dan pembersihan area airside runway, taxiway dan apron untuk memastikan Bandara siap untuk operasional penerbangan.

“Saya berterimakasih kepada bapak Gubernur, Walikota, Bupati, Kapolda, TNI Polri dan seluruh stakeholder Bandara atas bantuan dan dukungan yang diberikan kepada Bandara selama ini  sehingga Bandara bisa beroperasi kembali“ ujar Maya Damayanti.

Dari pantauan data terdapat 25 pesawat (PP) yang akan diterbangkan hari ini terdiri dari Lion Air 19 (PP) , Transnusa 2 Flight, Garudan dan Citylink masing masing 2 flight (PP).

Hasil rekapitulasi dari tanggal 30 sampai tanggal 5 Mei 2024 tadi pagi sebelum dibukanya Notam total ada 137 pesawat dan penumpang 14.948 yang terdampak dari tutupnya operasional Bandara Sam ratulangi Manado.

Kepala Otoritas Bandara wilayah VIII  Ambar  suryoko mengatakan hasil  evaluasi dari sisi ruang udara dan tidak adanya erupsi kembali serta dari sisi ground airside sudah  progress kebersihan debunya sehingga Notam sebelumnya dicabut dan dibuka kembali operasional dengan nomor Notam A1206/24 NOTAMC A 1203 /24.

Kita semua berharap agar erupsi gunung ruang sudah tidak lagi mengeluarkan semburannya sehingga semua aktivitas operasional di bandara Sam Ratulangi kembali normal. (Dwi)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close