Paripurna HUT Mitra Ke-13, Sumendap: Terima Kasih Para Pejuang Pemekaran Paripurna HUT Mitra Ke-13, Sumendap: Terima Kasih Para Pejuang Pemekaran - Media Independen

TERKINI

Iklan

Paripurna HUT Mitra Ke-13, Sumendap: Terima Kasih Para Pejuang Pemekaran

indimanado.com
27 May 2020, 06:19 WIB Last Updated 2020-05-27T22:20:13Z

INDIMANADO.COM - Rapat Paripurna Istimewa Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang ke-13 dan dirangkaikan dengan agenda paripurna lainnya, di Ruang Paripurna DPRD Mitra. Paripurna dilaksanakan lewat teleconference, Selasa (26/5).

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Mitra Marty Ole, didampingi Wakil Ketua DPRD Tonny Lasut dan Katrien Mokodaser, serta para anggota DPRD Mitra lainnya.

Sementara turut mengikuti Rapat Paripurna ini Bupati Mitra James Sumendap dan Wakil Bupati Jesaja Legi, didampingi Sekretaris Daerah David Lalandos beserta jajaran Pemkab Mitra, Forkopimda setempat, dan undangan lainnya.

Ketua DPRD Mitra Marty Ole, dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Mitra di usia yang relatif muda, telah menunjukkan kesuksesan dalam upaya percepatan pembangunan dan perekonomian, dimana prestasi dan penghargaan yang telah dicapai merupakan suatu harapan yang dirindukan oleh rakyat Mitra.

“Setiap penghargaan yang diraih pada dasarnya bukanlah menjadi tujuan akhir, tetapi harus menjadi indikator penilaian dari keberhasilan atas upaya pembangunan yang dilaksanakan bersama-sama, antara DPRD, Pemerintah Daerah, dan seluruh rakyat Mitra,” ucap Ole.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan mengikuti mekanisme dan perundang-undangan yang berlaku, berdasarkan UU Nomor 9 Tahun 2007 tanggal 6 Januari 2007, Kabupaten Mitra ditetapkan sebagai daerah otonomi yang baru.

Sebagai tindak lanjut, tanggal 23 Mei 2007 di Manado, Menteri Dalam Negeri Widodo AS meresmikan Kabupaten Mitra bersama daerah lainnya.

Dengan ditetapkan sebagai daerah otonom maka Kabupaten Mitra sudah tiga kali melaksanakan pemilihan kepala daerah dan terakhir dilaksanakan pada 13 Juni 2018, di mana James Sumendap dan Jesaja Legi terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mitra, periode 2018-2023.

“Untuk itu melalui HUT Kabupaten Mitra ke-13, marilah kita wujudkan peningkatan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat yang profesional, menuju Kabupaten Mitra yang hebat dan bergerak cepat,” ungkap Ole.

Bupati James Sumendap, kesempatan tersebut mengajak masyarakat dapat memahami bahwa kondisi saat ini jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Sumendap pun berterima kasih bagi para pejuang karena tahun 2020 ini merupakan refleksi dari perjuangan yang sangat luar biasa pada tahun 2007. Oleh para pejuang Kabupaten Mitra menjadi daerah otonomi baru.

Refleksi Tahun 2020 ini adalah bagian untuk melihat ke belakang, bagaimana kerja, kerja, dan kerja dari bupati sebelumnya, yakni Albert Pontoh dan Telly Tjanggulung, serta pimpinan DPRD Mitra yang telah melakukan yang terbaik bagi Kabupaten Mitra.

“Saya dan Jocke Legi melanjutkan pembangunan diiringi mimpi dan tujuan yang ingin dicapai oleh para pejuang sebelumnya,” kata Sumendap.

Sumendap menambahkan, COVID-19 telah masuk di Mitra, tapi dirinya yakin dan percaya Tuhan selalu melindungi umat-Nya sehingga selalu disampaikan agar seluruh masyarakat selalu berjaga-jaga.

“Kami juga sampaikan dukacita kepada saudara-saudara kita yang masih diduga COVID-19 dan karena protokol harus mengalami proses yang tidak seperti biasanya, serta tak menyenangkan bagi keluarga. Suasana penguburan juga tidak dilakukan oleh tata cara agama dan budaya. Mari kita berikan penguatan bagi keluarga yang mengalami proses tersebut,” ucap Sumendap.

Dalam kesempatan itu, Sumendap menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada DPRD Mitra yang berjuang dan terlibat langsung dalam pencegahan COVID-19, serta yakin dan percaya dengan bersama-sama lawan COVID-19, maka penyebarannya tidak akan melebihi kadar ketakutan dari manusia biasa. Serta penghargaan dan terima kasih bagi hukum tua dan lurah, serta perangkatnya atas perjuangan lawan COVID-19.

“Peperangan baru saja dimulai, oleh karena itu mari kita berjaga-jaga. Saya punya keyakinan dengan protokol yang kita terapkan maka Kabupaten Mitra akan jauh lebih baik dari daerah lain atau negara pada umumnya,” harap Bupati Mitra.

Lebih lanjut dikatakan, inilah yang menjadi hari yang luar biasa, bukan karena keprihatinan di HUT ke-13, namun ada sukacita, rakyat Mitra berdoa, serta pemerintah kabupaten Mitra akan tetap melayani rakyatnya.

Dalam momen memperingati HUT Kabupaten Mitra ke-13, Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Jesaja Legi telah membuat harum nama Kabupaten Mitra dengan prestasi dan penghargaan sebagai berikut:

Tahun 2019;
1. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018.

2. Penghargaan Swasti Saba Wiwerda atau Kabupaten Sehat dari Kementerian Kesehatan RI.

3. Penghargaan Keterbukaan Badan Publik Pemerintah Kabupaten, peringkat ketiga kategori menuju informatif.

4. Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Pratama.

Tahun 2020;
1. Penghargaan predikat tertinggi di 15 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Utara, dengan capaian 91 persen dalam upaya pencegahan korupsi melalui hasil Monitoring Center of Prevention (MCP) oleh KPK RI.

2. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019.

(*/Bill)
Baca Juga
Komentar

Tampilkan

Terkini

close