Gaungkan Literasi dan Tingkatkan Ekonomi Kreatif Lokal: Mozaik Kembali Hadir di Gramedia Sam Ratulangi Manado Gaungkan Literasi dan Tingkatkan Ekonomi Kreatif Lokal: Mozaik Kembali Hadir di Gramedia Sam Ratulangi Manado - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Gaungkan Literasi dan Tingkatkan Ekonomi Kreatif Lokal: Mozaik Kembali Hadir di Gramedia Sam Ratulangi Manado

22 October 2022 | 19:03 WIB Last Updated 2022-10-22T11:08:50Z

MANADO, (indimanado.com) - Gramedia sebagai salah satu bisnis retail terbesar di Indonesia, memiliki keunikkan pada masing-masing lokasi store retail. Mulai dari pendekatan terhadap konsumen, hingga tema serta sudut pandang pada masing-masing store. Pada momentum tersebut, Gramedia selalu menyelipkan sesuatu yang ikonik dari kota tempat store itu berdiri.

Oleh karena itu, Gramedia kembali menghadirkan Mozaik; sebuah intellectual property dari Gramedia yang mengkombinasikan tiga unsur, yaitu seniman mural, musik, dan literasi. Setelah sukses dengan Mozaik Medan, kini Mozaik kembali hadir di kota Manado, dengan memberikan point of interest baru di store Gramedia Sam Ratulangi. Mozaik Manado ini akan dibagi dalam 2 tahap; Pra-Event Mozaik pada tanggal 20 Oktober 2022, dan Main Event Mozaik pada tanggal 22 Oktober 2022 di Gramedia Sam Ratulangi.

Pra-event Mozaik Manado yang bertajuk “Bertemu di Buku Laut Bercerita”, akan dihadiri oleh Faradila Bachmid (Duta Baca Manado) dan Delasyahma (Pengulas buku dan pembaca setia Laut Bercerita). Acara yang diadakan di TBM Rumah Literasi, Jl. Bahari No. 100, Manado ini, akan mengadakan beberapa kegiatan seperti diskusi mendalam buku “Laut Bercerita”, bincangbincang, serta bercengkrama dengan teman-teman TBM dan komunitas baca seluruh kota Manado. Pra-event ini merupakan momentum Gramedia Bersama TBM dan komunitas baca Manado untuk membahas lebih dalam mengenai bagaimana hikmah novel “Laut Bercerita” yang dihubungkan dengan keadaan literasi di kota Manado saat ini.

Selanjutnya, pada main event Mozaik Manado, Gramedia kembali menggaet kalangan umum, khususnya kawula muda dengan menghadirkan komunitas urban, street, dan graffiti untuk berkolaborasi bersama di acara ini. Tidak hanya itu, Gramedia akan berkolaborasi bersama penulis, seniman, musisi lokal, serta brand-brand lokal untuk memberikan wadah berkreasi secara langsung di toko Gramedia Sam Ratulangi Manado. Kegiatan yang akan dilakukan berupa, live mural, live music, creative talks bersama seniman lokal Manado, serta nonton bareng & instalasi “Laut Bercerita”. Acara Main Event ini akan dihadiri langsung oleh Heri Darmawan selaku Marketing & Merchandising Director Gramedia, Guido Silvester Adrian Christanto selaku Store Manager Gramedia Sam Ratulangi Manado, dan Kepala Dinas Kominfo, Erwin S. Kontu, SH.

Kemudian, kegiatan live mural akan dilaksanakan oleh seniman mural Vivi Tanamal, pada satu sisi gedung store Gramedia Sam Ratulangi Manado. Vivi Tanamal yang merupakan salah satu seniman mural dari kota Manado, sebelumnya sudah memiliki segudang karya dan penghargaan tingkat Nasional yang didapatnya dari periode 2017 hingga 2021. Vivi juga memiliki eksibisi karya di museum, store-store UKM, hingga gedung pemerintahan. Tidak hanya itu, hasil karya Vivi pernah diminta oleh brand ternama H&M untuk dipajang di salah satu store H&M di Manado.

Pada acara ini pengunjung dapat menonton aksi Vivi Tanamal dalam memvisualisasikan novel  “Laut Bercerita” karya Leila S. Chudori yang akan dituangkan dalam bentuk mural pada satu sisi gedung toko Gramedia Sam Ratulangi Manado.

Para pengunjung juga dapat menikmati nonton bareng dan diskusi film pendek dari novel “Laut Bercerita”, bersama Leila S. Chudori, Pritagita Arianegara, Wisnu Darmawan dan Lilik HS. Selain nonton bareng, ada pula instalasi stiker bergambar yang berisi karakter-karakter dan visualisasi dari “Laut Bercerita”.

Tidak hanya itu, para pengunjung berkesempatan untuk mendapatkan exclusive merchandise berupa t-shirt, totebag, dan sticker spesial dari “Gramedia x Vivi Tanamal x Laut Bercerita”.

Mozaik Manado juga akan menghadirkan Creative Talks; sebuah talkshow antara pelaku seni, musik, dan komunitas Manado yang akan membahas tentang cara mengembangkan potensi daerah melalui sektor kreatif milenial. Talkshow ini akan menghadirkan Daniel Umbex, Vivi Tanamal, dan Jeskry Umar sebagai pembicaranya.

Selanjutnya, acara ini juga akan dimeriahkan oleh special live music performance dari musisi lokal Manado seperti “Tian Storm”, “Crushing Grief”, dan “Negatif Satu”. Mereka merupakan musisi Manado ber-genre Urban EDM, dan kanal Youtube-nya telah ditonton jutaan views.

Gramedia juga akan memeriahkan acara Mozaik Manado ini dengan menghadirkan dua promo spesial, yaitu gratis postcard tokoh “Laut Bercerita” untuk setiap pembelian buku Leila S. Chudori dengan minimum transaksi Rp 125.000. Kemudian ada klaim voucher diskon 20% untuk seluruh buku karya Leila S. Chudori secara eksklusif melalui aplikasi MyValue.

Heri Darmawan selaku Marketing & Merchandising Director Gramedia berharap dengan adanya Mozaik Manado, Gramedia dapat turut membantu pemerintah Manado untuk meningkatkan kualitas serta menggaungkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di kota Manado.

Berdiri pada tahun 1970, PT Gramedia Asri Media atau Toko Gramedia adalah salah satu Strategic Business Unit (SBU) Kelompok Kompas Gramedia yang bergerak di bisnis retail dengan produk utama buku dan alat-
alat tulis. Hal ini berkaitan dengan misi untuk ikut berperan dalam usaha mencerdaskan dan mencerahkan kehidupan bangsa melalui penyebaran informasi dan pengetahuan. Hingga 2020, Gramedia telah memiliki 122 stores yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam perkembangannya, PT Gramedia Asri Media melakukan pengembangan usaha seperti ekspor dan distribusi buku, pengadaan stationery, produk multimedia, fancy, CD, alat musik dan olahraga, serta penerbitan, dengan private label seperti Gramedia Kids, Teeny Teensy, Eversac dan Millors. (*)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close