Pemdes Basaan Bersama Puskesmas Giat Posyandu Lansia Pemdes Basaan Bersama Puskesmas Giat Posyandu Lansia - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemdes Basaan Bersama Puskesmas Giat Posyandu Lansia

1 May 2024 | 08:15 WIB Last Updated 2024-05-01T00:15:04Z
Posyandu Lansia Desa Basaan. (Foto: Billy Lumintang/indimanado.com)
Posyandu Lansia Desa Basaan. (Foto: Billy Lumintang/indimanado.com)

MITRA, Indimanado.com - Pemerintah Desa Basaan, Kecamatan Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) bekerjasama dengan Puskesmas melaksanakan kegiatan Posyandu untuk Lanjut Usia (Lansia).

Dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Basaan, Selasa (30/4/2024), Hukum Tua Harto Paendong menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan setiap bulan untuk melakukan pemeriksaan dan pemberian makanan tambahan kepada Lansia.

"Tujuannya adalah untuk memantau kesehatan bagi para usia lanjut agar tetap sehat dimasa tua," jelasnya. 

Selain pemeriksaan kesehatan, Paendong juga menambahkan, Pemerintah Desa melalui Dana Desa memberikan makanan tambahan kepada Lansia di Desa Basaan. 

"Dengan bersumber dari Dana Desa, kami Pemerintah memberikan makanan tambahan kepada Lansia berupa, Telur, Susu, dan snack yang sudah direkomendasikan oleh pihak puskesmas Basaan," tutur orang nomor satu di Desa Basaan ini didampingi Ketua TP-PKK Desa Lenda Sondakh. 

Sementara itu, Kepala Puskesmas Basaan Dokter Pricilia Kandouw mengapresiasi Pemerintah Desa dalam menunjang kegiatan peningkatan kesehatan bagi para usia lanjut. 

"Posyandu Lansia adalah Pos Pelayanan terpadu untuk Masyarakat usia Lanjut yang pelaksanaannya sekali dalam sebulan secara bergilir di 6 desa wilayah kerja UPTD Puskesmas Basaan," ungkap Kandouw. 

"Di kegiatan Posyandu ini, para Lansia sangat antusias untuk mengikuti posyandu lansia karena bisa mendapatkan pelayanan kesehatan seperti timbang badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran tekanan darah, serta pemeriksaan dan pemberian obat2an. Kegiatan posyandu lansia ini sangat didukung juga oleh pemerintah desa setempat, dimana lewat dana desa sdh menyiapkan alat pemeriksaan laborat gratis (Cek Asam urat, Kolesterol, Gula Darah) serta pemberian makanan tambahan bagi Lansia setiap bulannya," ujarnya, didampingi petugas kesehatan Puskesmas Basaan lainnya. 

Adapun Kegiatan tersebut dipantau langsung pihak Polsek Ratatotok, Perangkat Desa dan BPD serta kader kesehatan Desa Basaan. (Lipsus)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close