Header Ads

banksulutgo.co.id

Kasus Ispa dan Hipertensi Serang Mitra, Ratuliu: Hindari Pola Hidup Yang Tidak Sehat


INDIMANADO.COM, RATAHAN - Gangguan kesehatan masih menjadi masalah tak terhindarkan yang dialami warga, tak terkecuali di Kabupaten Mitra. Bahkan dalam kurun waktu dua bulan terakhir  Dinas Kesehatan telah menangani ribuan masalah kesehatan di Kabupaten Mitra. Dari data yang diperoleh, penyakit Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan Hipertensi menjadi yang paling rentan menyerang warga Mitra.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mitra, Helny Ratuliu menyebutkan ke dua penyakit tak cuma paling rentan menyerang warga Mitra tahun ini, namun dalam beberapa tahun terakhir.

 "Dari data yang kami diperoleh kurun waktu Januari-Februari untuk ISPA sudah mencapai 1974. Sedangkan Hipertensi 1744 kasus. Namun  setiap tahunnya, ke dua penyakit tersebut terus berada di posisi atas dari daftar 10 penyakit paling dominan yang diderita warga Mitra," katanya.

Dikatakan Ratuliu rentannya kedua penyakit tersebut, disebabkan beberapa faktor. Mulai dari faktor lingkungan, cuaca, makanan, serta pola hidup yang tidak sehat.

 "Contohnya untuk Ispa, kebanyakan disebabkan faktor cuaca. Kemudian hipertensi yang disebabkan pola makan yang tak teratur," ujarnya.

Meski begitu, kedua penyakit tersebut, masih tergolong mudah ditangani, bahkan untuk ketersediaan obat di puskesmas masih tersedia.

 "Untuk penanganan belum masuk ranahnya RS. Masih penanganan di puskesmas," tukas Ratuliu.

Sementara untuk penanganan, Ratuliu pun menjamin, pihaknya siap memberikan pelayanan optimal, apalagi saat ini di Kabupaten Mitra sendiri sudah memiliki Puskesmas di seluruh kecamatan.

"Namun juga dibutuhkan pencegahan dari diri sendiri. Misalnya dengan sering melakukan olahraga ringan atau menghindari pola hidup yang tidak sehat, seperti mengkonsumsi alkohol yang berlebihan," tandasnya.

 (Bill)

No comments

Silakan beri komentar anda