HOME

Ratahan dan Ratahan Timur Laksanakan Bursa Inovasi Desa


INDIMANADO.COM, RATAHAN - Bursa Inovasi Desa (BID) untuk Kecamatan Ratahan dan Kecamatan Ratahan Timur di BPU Desa Pangu Kecamatan Ratahan Timur, Kamis (04/07/2019) dilaksanakan.

Pelaksanaannya dihadiri langsung Tenaga Ahli Madya Provinsi, Tenaga Ahli Kabupaten, Para Hukum Tua, Pnj Hukum Tua dan utusan tiap desa.

Menurut Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Ratahan Timur Meyni Sengkey SP, kegiatan ini dilaksanakan setelah Bursa Inovasi Desa tingkat Kabupaten dilaunching pada hari Rabu (3/7/2019) di Desa Betelen Kecamatan Tombatu.

“Bursa ini dilakukan untuk memunculkan kegiatan-kegiatan yang memiliki inovasi ditiap desa yang ada di Kecamatan Ratahan dan Ratahan Timur,” ujar Sengkey yang didampingi Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Ratahan Bung Alvian Sumual SE ME.

Sementara itu Camat Ratahan Fero Worang SE, meminta agar seluruh peserta dapat memberikan masukan kegiatan yang memiliki inovasi untuk dilaksanakan ditiap desa.

“Jadikan kegiatan bursa inovasi desa ini sebagai media untuk menuangkan kegiatan yang akan memiliki dampak lebih dalam melaksanakan kegiatan di tiap desa,” harap Worang.

Sekretaris Kecamatan Arce Kalalo, SH mewakili Camat Ratahan Timur pada kesempatan tersebut mengatakan, keberadaan Bursa Inovasi Desa diharapkan dapat menjadi solusi bagi pemerintah desa dalam menyelesaikan masalah dan rencana pembangunan yang ada di desa.

Menurutnya, seluruh program dan kegiatan di desa yang telah dituangkan dalam Kartu Komitmen dan Kartu Ide, yang bertujuan agar dapat mempermudah pemerintah desa dalam menyusun RKPDes dan APBDes tahun 2020 nanti.

“Diharapkan melalui Bursa Inovasi Desa ini setiap pemerintah desa bisa menjual kreasi dan inovasi yang sudah dilakukan oleh desa, yang mana bisa dicontoh ke dalam wilayah kita, sesuai potensi yang dimiliki masing-masing desa,” pungkas Kalalo saat menutup pelaksanaan Bursa Inovasi Desa Kecamatan Ratahan dan Ratahan Timur.

(Bill)

No comments

Silakan beri komentar anda