HOME

Perusahaan Tambang Ilegal Rusak Lingkungan, Hukum Tua Soyowan Angkat Suara

Hukum Tua Desa Soyoan, Stevi Lumintang

INDIMANADO.COM, MITRA - Hukum Tua (Kumtua) Desa Soyoan, Stevi Lumintang keluhkan kerusakan lingkungan yang disebapkan aktifitas perusahaan tambang ilegal di wilayah Kecamatan Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Menurutnya, persoalan lingkungan ini merupakan persoalan besar. Gunung yang sebelumnya hijau, hanya sebulan sudah rata tanah. Dia juga memperhatikan perusahaan yang tanpa izin atau ilegal ini menggunakan alat-alat berat excavator dan sejenisnya. Karena itu dia mempertanyakan masih beraktifitasnya perusahaan ilegal tersebut.

"Saya berharap pihak terkait untuk turun kelapangan adakan penelitian, menginggat sekarang sudah memasuki musim hujan. Bahkan lokasinya hanya dekat dengan pemukiman warga," kata Lumintang, Selasa (5/11/2019).

Selain itu, Lumintang menghawatirkan dampak uap sianida terhadap masyarakat. Pada dasarnya, dia mempertanyakan perusahan yang tidak mengantongi izin ini terus beroperasi.

"Ini menjadi pertanyaan besar dari kami pemerintah desa. Setelah pihak perusahaan melakukan pertambangan besar-besaran, dan merusak lingkungan yang ada di Kecamatan Ratatotok," pungkas Lumintang.

(Bill)

No comments

Silakan beri komentar anda