Bertemu Olly, Duta Besar Thailand Tawarkan Kerjasama Diberbagai Bidang Bertemu Olly, Duta Besar Thailand Tawarkan Kerjasama Diberbagai Bidang - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bertemu Olly, Duta Besar Thailand Tawarkan Kerjasama Diberbagai Bidang

14 November 2017 | 23:47 WIB Last Updated 2020-01-27T16:07:04Z
Foto Istimewa-Gubernur Olly Dondokambey bersama Wagub Steven Kandouw didampingi Karo Ekonomi dan SDA, Frangky Manumpil saat menerima Dubes Thailand

indimanado.com, SULUT - Berbagai terobosan program dan kerjasama yang dilakukan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Donfokambey SE, dalam membangun Sulut.

Usaha setahun lebih kepemimpinan gubernur pilihan rakyat ini, memberikan efek yang signifikan diberbagai bidang.

Laju pertumbuhan yang paling menonjol adalah pada bidang pariwisata, yang berdampak pada angka pengangguran dan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara.

Keberhasilan kepemimpinan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) dalam membangun daerah, mengajak negara-negara lain ingin melakukan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulut.

Seperti halnya Thailand. Selasa (14/11/2017) siang tadi, Gubernur Olly Dondokambey menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Thailand, Mr Pitchayaphant Charnbhumidol di ruang kerjanya.

Dimana dalam kunjungan tersebut, Pemerintah Thailand ingin bekerjasama dengan Pemprov Sulut, di sejumlah bidang.

Kepala Biro Ekonomi dan SDA Sulut, Frangky Manumpil yang juga turut hadir dalam pertemuan itu kepada indimanado.com mengatakan, bahwa selain memperkenalkan diri, tujuan lain Duta Besar Thailand untuk menjalin kerjasama dibidang pariwisata, tehnologi pertanian, perikanan dan peternakan.

"Mereka ingin bekerjasama dalam bidang pariwisata, bahkan ingin menciptakan paket wisata, dimana menurut mereka jarak Sulut yang dekat," ungkapnya.

Selain dalam pariwisata, mereka juga menawarkan kerjasama dalam perikanan.

"Thailand membutukan suplay ikan yang banyak ke negaranya, mereka juga menawarkan membuat perusahaan ikan kaleng di Bitung," kata Manumpil mengutip penjelasan Dubes.

Selanjutnya, bidang pertanian. Pengembangan buah dan sayuran tropis, menjadi andalan dan kemudian dalam bidang peternakan.

Tawaran-tawaran tersebut direspon baik oleh Gubernur Olly Dondokambey. Namun yang menjadi persoalan Duta Besar Thailand ini, soal regulasinya.

Dubes Thailand sempat menyampaikan ke Gubernur agar membantu memfasilitasi persoalan ini ke Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti.

Akan permintaan itu, Gubernur Olly mengatakan eksort impor tidak bermasalah sekarang, semua barang bisa melewati pelabuhan Bitung.

"Karena itu, diakhir pertemuan tersebut, Dubes pun mengajak Gubernur Olly agar bisa berkunjung ke Thailand," kata Manumpil.

(alfa jobel)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close