Instalasi Promkes RSUP Kandou Edukasi Kesehatan Ginjal Instalasi Promkes RSUP Kandou Edukasi Kesehatan Ginjal - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Instalasi Promkes RSUP Kandou Edukasi Kesehatan Ginjal

17 February 2022 | 00:25 WIB Last Updated 2022-02-16T16:25:57Z
Dokter Cerelia Sugeng Sp.PD saat membawakan materi tentang kesehatan ginjal. Foto istimewa


MANADO, (indimanado.com) - RSUP Prof Kandou Manado melalui Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran Rumah Sakit Kandou (IPKPRS) dibawah pimpinan dr Sekplin Sekeon Sp.S MPH bekerjasama dengan bagian ilmu penyakit dalam divisi ginjal dan hipertensi mengelar edukasi kesehatan ginjal, Rabu (16/2/2022).

Kegiatan yang digelar di ruang tunggu pasien poliklinik bedah diikuti oleh sekitar 50 orang pasien dan keluarga pasien serta pengunjung, dengan pemateri dibawakan dr. Cerelia Sugeng Sp.PD.

Seperti diketahui ginjal merupakan organ yang berbentuk seperti kacang, terletak dirongga belakang perut, di kedua sisi tulang belakang daerah pinggang. Secara normal Ginjal manusia ada 2 buah yang terletak disebelah kanan dan kiri, dimana ginjal memiliki fungsi; menjaga darah tetap bersih dan seimbang secara kimiawi, menjaga volume air konstan dalam tubuh, mengeluarkan sisa metabolisme tubuh, membantu mengatur tekanan darah, menstimulasi produksi sel darah merah, mempertahankan kadar kalsium tubuh.

Sedangkan untuk Penyakit Ginjal Kronik (PGK) adalah kondisi klinis yang ditandai penurunan fungsi ginjal yang bersifat kronik/menahun, progressif dan irreversible/menetap. Dengan definisi lengkap:

  1. Kerusakan ginjal > 3 bulan à kelainan struktural/fungsional, dengan/tanpa â LFG, manifestasi berupa: Kelainan patologis, terdapat tanda kerusakan ginjal (kelainan dalam darah atau urin, atau pencitraan radiologi)
  2. LFG < 60 ml/menit/1.73 m2 selama 3 bulan, dengan atau tanpa kerusakan ginjal.

Dipaparkan juga oleh dr. Cerelia, dimana ada beberapa hal yang dapat meningkatkan kecurigaan terhadap penyakit Ginjal yakni:
  • Bengkak pada kaki dan kelopak mata Tekanan darah yang tinggi (terutama umur muda)
  • Bangun pada malam hari untuk buang air kecil
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Kencing berdarah tidak disertai nyeri
  • Kencing berpasir
  • Nyeri kolik di daerah pinggang
  • Urin berbusa
  • Gejala uremia (kadar ureum darah meningkat) mual, muntah, badan lemah dan cepat lelah, nafsu makan menurun, BAK berdarah, pegal pinggang, bengkak, tekanan darah tinggi/Hipertensi
  • Bila tanpa gejala (Asimptomatik): mungkin terdapat peningkatan kadar serum kreatinin atau kelainan pada urinalisis.

"Kami menghimbau kepada seluruh yang ikut agar paling penting dalam hidup kita untuk selalu menjaga kesehatan dengan baik, tentunya dengan mengatur pola makan, dan istirahat yang cukup. Apabila kita mengalami hal-hal yang sudah kita sebutkan diatas, agar segeralah kita berobat ke dokter atau tempat pelayanan kesehatan lainnya dan dapat mengikuti petunjuk dan nasehat dokter agar kita semua terhindar dari penyakit ginjal," pungkas dr.Cerelia Sugeng. (Dwi)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close