Wagub Kandouw Dorong UMKM Bersaing Hingga Pasar Internasional Wagub Kandouw Dorong UMKM Bersaing Hingga Pasar Internasional - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Wagub Kandouw Dorong UMKM Bersaing Hingga Pasar Internasional

2 December 2019 | 20:15 WIB Last Updated 2020-01-26T21:00:23Z

INDIMANADO.COM, SULUT - Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengunjungi Festival Christmas UMKM 2019 yang dilaksanakan di belakang Kantor Gubernur, Senin (2/12/2019) pagi.

Wagub Kandouw mengapresiasi festival yang memamerkan produk-produk UMKM Sulut, lewat online. Di mana, bazaar ini terlaksana berkat kerja sama antara Dinas Koperasi dan UMKM Sulut dengan Toko Ole-ole (Tole). “Hal ini menjadi contoh bahwa UMKM bisa lewat online. Jadi ada konsep yang namanya Tole (Toko Ole-ole) untuk membantu teman-teman UMKM yang tidak bisa akses ke pemasaran dengan bentuk yang baru,” ungkap Wagub.

Menurut Wagub Kandouw konsep ini sangatlah bagus untuk mendorong pelaku usaha memasarkan produknya hingga ke luar negeri. “UMKM tidak perlu cari tempat untuk menjual. Sudah ada memasarkan dengan sistem seperti ini. Dan cakupannya apa satu dunia boleh beli. Jadi ini luar biasa bagus,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Wagub Kandouw membeli langsung produk UMKM tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulut Ronald Sorongan mengatakan festival ini dibuat untuk memperkenalkan produk UMKM Sulut ke kalangan ASN dan THL Pemprov Sulut.

“Kami buka pameran mini hanya sebagai pajangan produk, bisa dilihat masyarakat umum. Tapi sasaran utamanya ASN dan THL,” ujar Sorongan.

Ia pun mengakui produk UMKM dari Sulut tak kalah bersaing dengan yang lain. Terbukti kemasannya sudah menarik. “Kami ingin tunjukan bahwa usaha bapak ibu tak sia-sia. Silahkan berkreasi agar supaya roda perekonomian bisa berjalan,” imbuhnya.

Sorongan mengharapkan para penghuni gedung putih (sebutan Kantor Gubernur) bisa berbelanja pada festival ini. “Kami targetkan 10 ribu, tapi 5 ribu saja sudah lumayan. Apalagi mereka ikut memasarkannya lewat media sosial,” tukasnya.

Pengelola Tole Wahyudi Mokoagow membeberkan untuk saat ini sudah ada 400 UMKM yang bergabung. “Satu UMKM itu ada tiga sampai empat produk. Lebih banyak ke produk kuliner khas Sulawesi Utara,” bebernya. (*/alfa jobel)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close