Letkol Arm Toar Pioh Bawah Tari Kabasaran Tercatat di MURI Letkol Arm Toar Pioh Bawah Tari Kabasaran Tercatat di MURI - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Letkol Arm Toar Pioh Bawah Tari Kabasaran Tercatat di MURI

27 November 2017 | 21:20 WIB Last Updated 2020-01-27T16:06:48Z
Foto Istimewa

indimanado.com, JAKARTA - Seni Budaya Minahasa terus dipromosikan pemerintah daerah, kali ini dibawah bimbingan Letkol Arm Toar Pioh yang merupakan mantan Dandim 1309 Manado, Tari Kabasaran tercatat di MURI.

Berdasarkan informasi yang ada, tarian perang Kabasaran Minahasa tersebut berhasil meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), dengan menampilkan jumlah peserta terbanyak, yakni 250 orang.

Dimana Parade Budaya tarian perang tersebut, dipertontonkan di Ibu Kota Negara, Jakarta pada Minggu (26/11/2017) mulai dari Bundaran HI hingga finish di Lapangan Monas.

Tanpa alas kaki, 250 prajurit tari kabasaran yang memakai atribut bertuliskan Kodim 1309/Manado ini dengan bangga menunjukkan budaya Sulawesi Utara yang beragam dan unik.

Foto Istimewa

Mantan Dandim 1309/Manado yang kini menjabat Pabandya Jakstra Spaban I Renjakstra Srenad Mabesad, Letkol Arm Toar Pioh mengatakan, meski dirinya kini berdinas di Jakarta, tapi bukanlah hal yang sulit untuk berkarya bagi daerah sendiri.

"Dimanapun Saya berdinas, tetap Saya ini orang Manado, orang Sulawesi Utara. Kalau bukan kita yang berbuat, berkarya bagi daerah sendiri, lalu siapa lagi," ujar pioh sembari mengatakan bahwa jarak itu bukan masalah.

Kebanggaan tersebut pun lengkap dengan diberikannya penghargaan dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) kepada Letkol Arm Toar Pioh dan seluruh prajurit tari kabasaran sebagai pemegang rekor tari kabasaran dengan jumlah penari terbanyak.

"Penghargaan tersebut dipersembahkan untuk Sulawesi Utara. Dapat rekor itu kami jadikan motivasi agar karya dan rasa cinta terhadap daerah sendiri, terhadap Indonesia tidak sampai disini saja. Kedepan, harus lebih berguna bagi daerah," tambahya.

Diketahui pasukan tari kabasaran pimpinan Letkol Arm Toar Pioh sempat tampil pada Iven Manado Fiesta 2017, di Kota Manado bulan September baru-baru ini.

(Tim/red)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close