Konsultasi Remaja di Modoinding Putuskan Program Dengan Semangat Kekeluargaan Konsultasi Remaja di Modoinding Putuskan Program Dengan Semangat Kekeluargaan - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Konsultasi Remaja di Modoinding Putuskan Program Dengan Semangat Kekeluargaan

17 September 2019 | 22:39 WIB Last Updated 2019-09-17T14:39:26Z

INDIMANADO.COM, MINSEL - Konsultasi Tahunan Remaja Sinode GMIM di Jemaat Moria Wulurmahatus Wilayah Modoinding, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Kamis-Sabtu, 12-14 September 2019 hasilkan program bersama.

Pembahasan konsultasi diawali dengan evaluasi keuangan dan kegiatan di tahun berjalan. Pembahasan dilakukan secara transparan, dengan menerima masukan bahkan rekomendasi dari peserta.

Ketua Komisi Pelayanan Remaja Sinode (KPRS) GMIM Penatua (Pnt) Michaela Paruntu, yang memimpin langsung sidang dari hari pertama hingga selesai, menjelaskan bahwa proses ditempu dengan demokrasi.

"Pengambilan keputusan selalui dilaui dengan musyawarah dan mengedepankan kekeluargaan."

Lanjutnya, bahkan untuk mendapatkan calon tuan dan nyonya rumah pelaksana kegiatan di tahun 2020, jika ada lebih dari 1 wilayah yang berkerinduan, KPRS terlebih dulu memberikan waktu untuk berdiskusi dengan semangat kekeluargaan, seperti saat menentukan lokasi lomba PSR dan Selebrasi Paskah. Dan karena tidak mendapati kesepakatan baru dilanjutkan vooting tertutup.

Saat vooting pun KPRS tak diberikan hak suara dalam memilih guna menjaga netralitas.

“Kami minta KPRS tak melakukan intervensi ataupun berpihak apalagi memberi arahan dalam hal dukungan ke wilayah tertentu,” kata Pnt Stevie Kaligis, Ketua Remaja Wilayah Manado Selatan.

Ketua Kordinatorium Remaja Rayon Minsel, Pnt Mariana Paat, memuji langkah KPRS yang selalu mengarahkan bagi beberapa wilayah jika berkeinginan menjadi tuan rumah untuk terlebih dahulu mekakukan komunikasi sebelum proses vooting.

“Luar biasa semua pengambilan keputusan selalu diawali musyawarah, dengan semangat kebersamaan, dan tak ada sedikitpun intervensi dari KPRS,” aku Pnt Alen Maindoka, Ketua Rayon Minahasa.

Yang lebih luar biasa lagi, usai ibadah penutupan di hari terakhir, KPRS memberi apresiasi peserta yang bertahan hingga ibadah penutupan dengan mengembalikan biaya pendafaran peserta.

Beberapa hasil yang diputuskan dalam konsultasi di Modoinding selain kegiatan peribadatan dan misi, kegiatan kerjasama, forum group diskusi serta seminar keremajaan di era 4.0, ikut diputuskan pelaksana kegiatan di tahun 2020 diantaranya Pesta Seni Remaja (PSR) di Wilayah Manado Selatan, Manado Tenggara dan Manado Barat Daya Rayon 2 Manado tanggal 3-5 September. Selanjutnya, perkemahan di Wilayah Tombatu Barat Rayon Mitra digelar saat Libur Lebaran, Konsultasi Tahunan di Wilayah Gangga, Bangka dan Talise (Gabata) Rayon 1 Minut, Selebrasi Paskah wilayah Tompaso Baru 1, Rayon 2 Minahasa, Hari Persatuan Remaja 2021 Wilayah Kawangkoan II dan Tumompaso II Rayon 1 Minahasa, Pekan Olahraga (POR) Wilayah Sonder, Remaja Teladan Wilayah Amurang Rayon Minsel,
Workshop Pola Baku Retel 16 November Rayon Minsel, Ibadah Natal dan Penjabaran Program wilayah Langowan 1 dan ibadah KPI di wilayah Maesa Likupang Barat. (Tim)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close