Dukung Keberlangsungan Bisnis UMKM Manado, GoFood Hadirkan Program Hari Kuliner Nasional Dukung Keberlangsungan Bisnis UMKM Manado, GoFood Hadirkan Program Hari Kuliner Nasional - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dukung Keberlangsungan Bisnis UMKM Manado, GoFood Hadirkan Program Hari Kuliner Nasional

23 April 2020 | 11:38 WIB Last Updated 2020-04-23T03:51:13Z

  • Gojek mempersiapkan seluruh ekosistemnya saat pandemi COVID-19, termasuk mitra merchant UMKM melalui program promosi tahunan GoFood yang bertujuan memaksimalkan eksposur dan visibilitas demi menjaga volume transaksi mereka.
  • Memasuki tahun ketiga, program Hari Kuliner Nasional (HARKULNAS) yang diprakarsai oleh GoFood menggandeng sekitar 55.000 outlet terutama mitra UMKM kuliner se-Indonesia.
  • Gojek terus mengutamakan pencegahan penyebaran pandemi COVID-19 dengan mendistribusikan hand sanitizer, menerapkan jaga jarak aman, melindungi diri dengan masker baik bagi mitra merchant maupun mitra driver Gojek, serta melakukan pengiriman makanan/minuman tanpa kontak fisik.

INDIMANADO.COM - Guna meredam dampak pelemahan ekonomi akibat pandemi COVID-19, GoFood hadirkan program Hari Kuliner Nasional (HARKULNAS) untuk membantu puluhan ribu UMKM menjaga keberlangsungan bisnisnya. Program unggulan GoFood yang telah memasuki tahun ketiga ini hadir sejak 1 April hingga 5 Mei 2020 dan diikuti lebih dari ratusan outlet merchant di Manado. Selain mendukung usaha mitra UMKM, program ini menjadi salah satu solusi GoFood dalam menghadirkan kuliner bagi masyarakat saat mereka #dirumahaja serta sekaligus membantu menjaga penghasilan harian mitra driver yang mengantarkan makanan selama pandemi COVID-19 di Manado.

Di masa pandemi COVID-19 ini, GoFood telah mendorong sejumlah upaya untuk mendukung penjualan harian mitra merchant UMKM. Program dukungan bagi mitra merchant tersebut antara lain:

1. Memaksimalkan eksposur dan visibilitas untuk meningkatkan traffic serta potensi penjualan

a. Penempatan merchant di in-app shuffle cards, promotile banner, dll

b. Mengajak merchant mengikuti berbagai program promo seperti Hari Kuliner Nasional (HARKULNAS) GoFood

c. Memberikan voucher diskon ongkos kirim untuk menarik minat pelanggan memilih spesifik merchant

d. Mengajak merchant membuat promo mandiri secara fleksibel melalui fitur Recommended Campaign (RC feature) di aplikasi GoBiz

2. Jaga volume transaksi

a. Menu “Traktir Driver Gojek” yang memberikan konsumen pilihan untuk berbagi dengan driver Gojek

VP Regional Gojek Indonesia Timur, Anandita Danaatmadja, mengatakan, “Di tengah pandemi COVID-19, selain semakin menempatkan prosedur keamanan dan higienitas sebagai prioritas, kami terus mencari jalan agar mitra merchant GoFood yang 96 persennya adalah UMKM bisa terus memperoleh penghasilan untuk menjalankan usahanya. Berbagai inovasi dan inisiatif kami lakukan untuk bisa mengurangi kecemasan para pelaku usaha UMKM. Kami juga berharap melalui program HARKULNAS, penjualan harian usaha kuliner UMKM dapat meningkat sehingga tetap menggerakkan roda ekonomi selama masa pandemi.”

“Kami melihat pandemi ini menimbulkan pergeseran pola konsumsi dimana yang biasanya pemesanan dilakukan di tempat (dine-in), sekarang berpindah ke online sejalan dengan himbauan pemerintah untuk beraktivitas dari rumah. Peluang ini harus dimanfaatkan supaya roda bisnis UMKM tetap bergerak sehingga memberikan ruang yang lebih luas bagi mitra dan driver Gojek terus mendapat penghasilan. Kami percaya ini bisa membantu ketahanan ekonomi Indonesia di situasi yang sulit saat ini,” kata Anandita.

Upaya Gojek dan GoFood yang secara konsisten mendukung keberlangsungan usaha mitra UMKM dan pendapatan mitra driver Gojek diapresiasi oleh Pemerintah.

Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia Teten Masduki mengatakan, “Dalam situasi seperti saat ini, kami sangat mengapresiasi langkah proaktif Gojek dengan layanannya GoFood yang mendukung puluhan ribu UMKM. Selain menjadi platform untuk berjualan online, Gojek dan ekosistemnya bisa saling meringankan beban satu sama lain.

Melalui layanan pesan-antar makanan, GoFood dapat mendorong arus permintaan terhadap UMKM sehingga mereka dapat terus bekerja dan berpenghasilan. Semangat gotong-royong inilah yang sangat diperlukan untuk terus membantu menghidupi para UMKM dan keluarganya di masa yang sulit ini.”

Sebagai pelopor festival kuliner online yang menjadi favorit masyarakat Indonesia, HARKULNAS GoFood tahun ini menawarkan lebih dari 183.000 menu kuliner dengan harga khusus. Tiap tahunnya, HARKULNAS GoFood terbukti meningkatkan pendapatan mitra merchant.

HARKULNAS GoFood 2019 mencatat total dan pertumbuhan nilai transaksi pada outlet mitra merchant GoFood meningkat sebesar 42% serta rata-rata transaksi setiap mitra merchant GoFood meningkat sebesar 21%, termasuk di wilayah Manado.

Salah satu UMKM yang berpartisipasi di HARKULNAS GoFood 2019 Meidatika Ummunisah, pemilik Banana on Nugget (Bonbon) Factory, Manado mengatakan, “Sejak masuknya Gojek di tahun 2017 di Manado, Alhamdulillah usaha saya berkembang dari yang biasa terjual satu sampai dua dus saja, kini sudah ratusan dus yang terjual dalam sehari. Apalagi ketika ikut program HARKULNAS GoFood, saya sangat merasa terbantu. Selama periode HARKULNAS GoFood tahun 2019 kemarin, outlet kami mengalami kenaikan penjualan hingga 4 kali lipat dan masyarakat semakin banyak mengenal usaha kuliner kami. Oleh karena itu, tahun ini kami berpartisipasi kembali di HARKULNAS GoFood yang kami harap juga akan dapat menambah penjualan di tengah situasi COVID-19 ini."

Promo HARKULNAS GoFood yang dimulai dari tanggal 1 April – 5 Mei 2020 akan menawarkan pengalaman berkuliner dengan keuntungan yang bisa diminati pengguna, diantaranya:

  • Setiap hari kulineran: diskon hingga 40% untuk menu HARKULNAS GoFood setiap hari.
  • Happy hour: diskon 70% menu HARKULNAS GoFood setiap hari Kamis & Sabtu pukul 13.00 – 16.00 WIB.
  • Puncak HARKULNAS GoFood 5 Mei: diskon 55% sepanjang hari.

Program HARKULNAS hadir untuk pelanggan di Jabodetabek dan 15 kota lainnya seperti Bandung, Surabaya, Palembang, Makassar, Semarang, Medan, Bali, Yogyakarta, Manado, Malang, Padang, Lampung, Solo, Pekanbaru, dan Batam. Untuk bisa menikmati promo ini, pelanggan bisa mengunjungi layanan GoFood di aplikasi Gojek dan mengetuk banner HARKULNAS untuk menemukan merchant kuliner terdekat.

Tingkatkan Protokol keamanan dan kebersihan GoFood

Dalam pelayanannya, GoFood semakin mengedepankan protokol terhadap pencegahan penyebaran COVID-19 sebagai berikut:

  • Imbauan penerapan “Kartu Penanda Suhu Tubuh” dalam proses pemesanan makanan di merchant GoFood untuk memastikan pelanggan mengetahui kesehatan dari pihak yang memasak, membungkus, dan mengantarkan makanan;
  • Penerapan prosedur contactless delivery melalui opsi teks pesan cepat di fitur Chat yang membatasi kontak fisik sesuai dengan pedoman physical distancing;
  • Ajakan menggunakan pembayaran digital melalui GoPay atau Paylater untuk mengurangi kontak fisik langsung;
  • Penerapan protokol food safety agar merchant menjaga kebersihan dapur dan operasional restoran yang dilengkapi oleh himbauan penggunaan segel keamanan (safety seal) pada makanan/minuman;
  • Imbauan agar merchant menerapkan prosedur khusus bagi karyawan untuk selalu memakai masker, penutup kepala dan sarung tangan selama pandemi serta secara rutin mencuci tangan dengan sabun.

(*/Subhan)

Tentang Gojek Group
Gojek merupakan perusahaan teknologi terdepan di Asia Tenggara, yang memelopori model Super App dan ekosistem terintegrasi. Gojek didirikan dengan keyakinan bahwa teknologi dapat mempermudah kehidupan sehari-hari dengan menghubungkan konsumen dengan penyedia barang dan jasa terbaik di bidangnya.


Sejak awal berdiri pada 2010, Gojek mengawali perjalanannya dengan layanan kurir pengantaran barang dan transportasi roda dua. Aplikasi Gojek pertama kali diluncurkan pada Januari 2015 di Indonesia, dan kini telah berkembang menjadi Super App terdepan di Asia Tenggara, menawarkan berbagai layanan mulai dari transportasi dan pembayaran digital, pesan-antar makanan, logistik, dan berbagai layanan on-demand lainnya.

Gojek kini beroperasi di 207 kota di lima negara di Asia Tenggara. Per kuartal ketiga 2019, aplikasi dan ekosistem Gojek telah diunduh oleh lebih dari 155 juta kali oleh pengguna Gojek di Asia Tenggara.

Sebagai Super App, Gojek berkomitmen untuk terus menawarkan cara pintar guna memecahkan masalah yang masyarakat hadapi sehari-hari, sekaligus membantu meningkatkan kualitas hidup jutaan masyarakat pengguna aplikasi Gojek di Asia Tenggara, khususnya di sektor informal dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Sejalan dengan misinya untuk mempermudah kehidupan sehari-hari serta menciptakan dampak sosial positif dalam skala besar bagi pengguna, mitra pengemudi, mitra penyedia layanan, serta mitra bisnis dan UMKM di dalam ekosistemnya, pada Agustus 2019 Gojek menempati urutan ke-11 dari 52 perusahaan berskala internasional dan menjadi satu-satunya perusahaan dari Asia Tenggara yang berhasil masuk untuk kedua 3 kalinya ke dalam daftar Perusahaan yang Mengubah Dunia versi Majalah Fortune tahun 2019 (Fortune’s “Change the World” 2019).
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close