Menkes Budi Gunadi Sadikin Tegaskan Vaksinasi Covid-19 Untuk Menahan Laju Penyebaran Menkes Budi Gunadi Sadikin Tegaskan Vaksinasi Covid-19 Untuk Menahan Laju Penyebaran - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Menkes Budi Gunadi Sadikin Tegaskan Vaksinasi Covid-19 Untuk Menahan Laju Penyebaran

5 March 2021 | 23:27 WIB Last Updated 2021-06-01T07:32:52Z


INDIMANADO.COM - Menteri Kesehatan RI, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, Jumat (5/3) pagi memantau langsung proses vaksinasi massal untuk yang berusia lanjut (Lansia), di Auditorium Universitas Negeri Sam Ratulangi (Unsrat) Manado. Tinjauan ini didampingi Dirjen P2P Kemenkes, Dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM MARS danDirut RSUP Kandou Dr.dr Manado Dr.dr. Jimmy Panelewen.

Menkes Budi Gunadi Sadikin saat konferensi pers kepada awak media mengatakan, vaksinasi tahap kedua ini adalah untuk yang berusia lanjut setelah tahap pertama petugas kesehatan.

“Prioritas kedua adalah lansia dan saya sangat terharu melihat antuasias dan semangat dari para lansia yang di vaksin sebab rata-rata usia yang saat ditanya adalah di atas 70 tahun, saya sangat senang melihat lansia yang sehat-sehat dan semangat mau datang,” ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin juga didampingi, Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Runtuwene, Dirut RSUP Prof Kandou Manado Dr. Jimmy Panelewen dan Rektor Unsrat Prof. Ellen Kumaat.

Lebih lanjut, Menkes mengatakan vaksinasi covid-19 selanjutnya adalah untuk tenaga publik.

“Selain lansia kami juga akan melaksanakan vaksinasi untuk mereka yang bekerja sebagai tenaga publik yang sehari-harinya bekerja dan bertemu dengan banyak orang,” tambahnya.

Menurutnya target Kementerian Kesehatan dengan dilakukannya vaksinasi ini untuk menekan penyebaran dari wabah pandemic covid-19 ini.

“Jadi target kami untuk menahan laju penyebaran, namun kalau untuk menghilangkan wabah pandemic ini secara 100% dibutuhkan waktu beberapa tahun lamanya, jadi kalau udah divaksin bukan serta merta sudah hilang namun vaksin ini bisa menekan secara drastis penyebaran wabah pandemi ini,” jelas Menkes.

Menkes mengatakan apa yang harus dilakukan dalam menahan penyebaran saat ini adalah dengan mengubah perilaku.

“Yang paling penting adalah perubahan perilaku dengan selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga sanitasi kebersihan kemudian menjaga jarak, dengan harapan setelah vaksin, antibodi dan daya tubuh kita membunuh virus covid-19,” tutur Menkes Budi  Gunadi Sadikin.

Turut mendampingi, Direktur SDM, Pendidikan, dan Umum Dr. dr Ivonne Elizabeth Rotty M.Kes, Direktur Medik, Keperawatan dan Penunjang dr. Jehezkiel Panjaitan dan Direktur Perencanaan, Keuangan, dan Barang Milik Negara Dewi Anggraini, SE, MM.

(Dwi)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close