Penyakit Glaucoma Menyebabkan Kebutaan Permanen Penyakit Glaucoma Menyebabkan Kebutaan Permanen - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Penyakit Glaucoma Menyebabkan Kebutaan Permanen

11 March 2022 | 09:01 WIB Last Updated 2022-03-11T01:06:29Z

MANADO, (indimanado.com) - Memperingati World Glaucoma Week (WGW) atau Pekan Glaucoma Sedunia yang diperingati setiap tanggal 10-16 Maret, Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran Rumah Sakit Kandou Manado dipimpinan dr. Sekplin Sekeon, Sp.S, MPH bekerjasama dengan KSM/Bagian Mata menggelar Edukasi Kesehatan dengan judul Glaucoma Sipencuri Penglihatan diruang tunggu pasien Poliklinik Bedah Kamis, (10 Maret 2022). Dengan menghadirkan narasumber dr. Novanita Satolom, Sp.M(K) dan dr. Franky Kasih, Sp.M.

Dijelaskannya Glaucoma adalah salah satu penyakit mata yang menyerang saraf mata. Penyakit ini dapat mengakibatkan kebutaan permanen.

Glaucoma datang secara tiba-tiba datang seperti pencuri yang tidak menginformasikan kepada si pemilik rumah akan kedatangannya. Oleh karena itu, glaucoma juga di kenal dengan nama "Si pencuri Penglihatan". Dikatakan Glaucoma dapat dideteksi dengan pemeriksaan rutin Kesehatan mata oleh dokter mata. Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam pemeriksaan Kesehatan rutin ini ialah tekanan bola mata, kondisi bilik mata depan dan kondisi papil saraf optic di bagian belakang bola mata. Selain itu juga Pasien sering kali tidak menyadari bahwa ia menderita glaucoma.

Hal ini di sebabkan karena glaucoma sering kali tidak memberikan gejala yang signifikan pada tahap awalnya. Akan tetapi, seiring dengan perjalanan penyakit.

"Glaucoma dapat mengakibatkan penyempitan lapang pandang, rasa nyeri yang hebat, gangguan penglihatan hingga hilangnya penglihatan dalam waktu yang sangat singkat. Dan pemeriksaan rutin ke dokter mata minimal 6 bulan sekali agar dapat menurunkan angka risiko terjadinya glaucoma," jelas dr. Novanita Satolom dan dr. franky .

Usai penyampaian materi oleh Narasumber kesempatan tanya jawab langsung dimanfaatkan oleh beberapa pasien/keluarga pasien yang mengikuti edukasi kesehatan dengan melontarkan pertanyaan seputaran penyakit mata, dan bahkan diantara peserta ada juga yang berbagi tips dan pengalaman tentang bagaimana menjaga kesehatan mata.

Semua pertanyaan langsung dijawab dan ditanggapi oleh Narasumber sambil mengapresiasi kepada setiap peserta yang aktif dalam mengikuti materi khususnya yang mengajukan pertanyaan kepada Narasumber diberikan gimik oleh Tim KSM Mata dan Promkes berupa Masker. (Dwi)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close