JIPS Ibadah Natal Bersama Anak Korban Bencana JIPS Ibadah Natal Bersama Anak Korban Bencana - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

JIPS Ibadah Natal Bersama Anak Korban Bencana

20 December 2017 | 08:52 WIB Last Updated 2020-01-27T16:06:49Z
Koordinator JIPS, Rolf Lumintang Saat memasang lilin Natal

indimanado.com, SULUT - Keluarga besar wartawan yang tergabung dalam wadah Jurnalis Independen Provinsi Sulawesi Utara (JIPS), Selasa (19/12/2017) sore menggelar ibadah Pra Natal bersama, di Kantor Gubernur Sulut.

Menariknya, selain dipanitiai oleh anggota wartawan yang beragama Islam, ibadah Natal yang dihadiri juga keluarga anggota, melibatkan anak-anak korban bencana yang terjadi di Kota Manado, Sabtu 16 Desember pekan lalu.

Wagub Sulut, Drs Steven OE Kandouw saat memasang lilin Natal

Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven Kandouw yang berkesempatan beribadah bersama JIPS, pada sambutannya, menyampaikan pesan-pesan perdamaian.

"Tidak ada yang keliru, tidak ada yang salah dengan jargon tagline yang disempurnakan oleh Pak Gubernur, 'Torang Samua Ciptaan Tuhan,' karena apa ? Kalau cuma 'Torang Samua Basudara' hanya antara manusia, Kalau 'Torang Samua Ciptaan Tuhan,' semua ciptaan Tuhan Torang harus Care (Peduli), termasuk alam," ungkapnya.

Wagub menjelaskan dalam rapat koordinasi terkait bencana, dihadiri instansi dan semua stake holder, mengevaluasi bencana yang terjadi di Sulawesi Utara, lebih khusus Manado, penyebabnya saluran-saluran yang tidak berfungsi baik, disebabkan karena bangunan yang tidak sesuai aturan, dan karena sampah.

"Kesadaran membuang sampah yang masih kurang," ungkapnya.

Namun, hal ini menurutnya, dipengaruhi juga oleh masih kurangnya armada sampah dan sistem pengangkutan sampah yang belum sesuai kapasitas dan jumlah penduduk. Karena itu, dia menyarankan kepada para pelaku industri dan perusahan yang ada di Sulawesi Utara untuk kedepannya menyumbang mobil sampah.

"Terima kasih kepada MSM TTN yang sudah menunjukan simpati dan empati, perusahan ini sudah memberi contoh yang baik," Wagub Steven OE Kandouw.

Wagub pun mencontokan seperti di Kota Surabaya, waktu pengangkutan sampah dilakukan 3 kali dalam sehari.

Satu sisi pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan infrastruktur sangat baik tetapi kalau tidak dijaga keseimbangan dengan lingkunngan dampaknya berbahaya.

Wagub Sulut, Drs Steven OE Kandouw bersama Rajawali Corp, PT Archi Indonesia, MSM TTN foto bersama anak-anak korban bencana dan anak-anak anggota JIPS

"Karena itu, seperti slogan Pak Gubernur Torang Samua Ciptaan Tuhan, torang juga harus menyayangi alam," pungkas Wagub Kandouw.

"Jadi, melalui momentum Natal ini, atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, atas nama Pak Gubernur, Rakyat Sulawesi Utara dari Miangas sampai Pinogaluman selamat menyongsong Natal 25 Desember 2017 dan Tahun Baru 1 Januari 2018 kepada semua yang merayakannya," tutup Wagub Kandouw.


Seperti diketahui, sudah menjadi tradisi bagi JIPS, jika perayaan pra Natal yang menjadi panitianya adalah para wartawan Muslim, sebaliknya jika menyambut bulan Ramadhan dan Idul Fitri maka panitianya adalah wartawan beragama Kristen.

"Sama seperti tahun sebelumnya, kami wartawan yang tergabung dalam JIPS khusus muslim tampil sebagai panitia untuk kegiatan ibadah pra Natal," ujar Ketua Panitia, Raden Mas Suratman.

Sementara, Sekertaris Panitia Budi Rarumangkay dalam sambutannya mengaku bangga bisa terlibat langsung dalam kegiatan ibadah pra Natal.

"Saya bangga, terharu, sekaligus gembira. Kami wartawan-wartawan dari muslim bisa ambil bagian langsung dalam kegiatan ibadah pra Natal. Kebersamaan, keragaman dan perbedaan inilah yang menjadi kekuatan kita di bumi Nyiur Melambai," katanya sembari mengucapkan rasa bangga dan terima kasihnya atas kepemimpinan ODSK di Sulawesi Utara.

Usai ibadah, Wagub Steven Kandouw, panitia, dan perwakilan Rajawali Corp, PT Archi Indonesia, Meares Soputan Minning Tambang Tondano Nusajaya (MSM TTN) menyerahkan bingkisan natal kepada anak-anak korban bencana banjir serta anak-anak dari keluarga besar JIPS.

Penyerahan Bingkisan Natal oleh Wagub Drs Steven OE Kandouw kepada anak-anak korban bencana, didampingi perwakilan Rajawali Corp, MSM TTN, Edgar Affandy, Corporate Secretary and Government Archi Indonesia, Jacob Tumundo, External Relation PT MSM/PT TTN dan Hery Inyo Rumondor, Communication & PR PT MSM/PT TTN.

Diakhir kegiatan, Koordinator JIPS, Rolf Lumintang menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota JIPS terlebih rekan-rekan wartawan dari Muslim yang bekerja dalam mempersiapkan ibadah Pra Natal dan kepada semua yang mengambil bagian dalam suksesnya kegiatan tersebut.

"Terima kasih kepada Pak Gubernur, Pak Wagub, PT MSM-TTN, dan semua pihak yang sudah berkontribusi, Terima kasih dan selamat menyongsong Natal 25 Desember 2017 serta menyambut tahun baru 2018," pungkas Lumintang.

Turut hadir, Asisten III Setdaprov Sulut, Roy Roring, Kadis PM-PTSP Sulut, Ir Happy Korah, Karo Perlengkapan Setdaprov Sulut, Jemmy Ringkuangan, Plh Karo P-KKP, Fery Sangian, Kabag TUP, Dantje Lantang, Kabag Humas, Roy Saroinsong, dan pengamat politik dan pemerintahan, Taufik Tumbelaka.

(alfa jobel)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close