Gubernur Olly Sampaikan Capaian Pembangunan Pada Rakorev RKPD Tahun 2018 Gubernur Olly Sampaikan Capaian Pembangunan Pada Rakorev RKPD Tahun 2018 - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Gubernur Olly Sampaikan Capaian Pembangunan Pada Rakorev RKPD Tahun 2018

21 February 2019 | 21:17 WIB Last Updated 2020-01-27T16:04:45Z


INDIMANADO.COM, SULUT - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw bersama Sekprov Edwin Silangen SE MS menghadiri Rapat Koordinasi Pembangunan dan Evaluasi (Rakorev) Hasil Pelaksanaan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten/Kota Tahun 2018 se Provinsi Sulut di Graha Novotel Convention Center Manado, Kamis (21/2/19).

“Saya berterima kasih bupati dan walikota yang hadir di sini. Ini menandakan adanya semangat yang sama, komitmen bersama kita untuk membangun Provinsi Sulawesi Utara,” ujar Gubernur Olly sekaligus membuka acara tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Olly menyampaikan pencapaian pembangunan melalui sepuluh program prioritas yang diraih selama dirinya bersama Wakil Gubernur Steven Kandouw memimpin Bumi Nyiur Melambai.

Pencapaian pembangunan itu diantaranya adalah penanggulangan kemiskinan dan pengangguran yang menurun berdasar rilis bersama dengan Jawa Pos dan Badan Pusat Statistik.


Demikian juga dengan pembangunan pendidikan Sulut diapresiasi dengan penghargaan Kihajar Dewantara.  Adapula pembangunan kesehatan dimana tingkat kepuasan masyarakat meningkat.

Menurutnya, pelaksanaan pembangunan Sulut juga tak lepas dari perhatian kementerian PUPR yang memberi penilaian khusus kepada Provinsi Sulut.

"Kementerian PU memberi apresiasi, dengan memberi bonus tambahan anggaran pembangunan secara khusus yang kita dapatkan dua tahun berturut-turut," jelas Gubernur.

Kemudian, kedaulatan pangan, pertanian, kepulauan, kemaritiman dimana ekspor ikan meningkat dengan tajam. Bidang Trantibmas dimana pengamanan dari TNI dan POLRI berjalan degan baik sehingga masyarakat maupun wisatawan menjadi aman dan nyaman.


Kendati demikian, berbagai keberhasilan tersebut ada juga persoalan yang terjadi. Untuk itu, pada Rakorev ini Gubernur Olly mengharapkan agar semua masalah terselesaikan. Serta perlu untuk terus dipacu serta dioptimalkan.

"Oleh karenanya, evaluasi terhadap rentetan kerja yang telah kita laksanakan perlu dilakukan, guna perbaikan-perbaikan konstruktif kedepan," imbuhnya.

Gubernur juga memaparkan bahwa penyelenggaraan pemerintahan daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat dimana efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah menjadi asas yang perlu terus ditingkatkan dengan tetap memperhatikan aspek-aspek hubungan antara pemerintah pusat dengan daerah dan antar daerah.

"Keberhasilan Bapak Ibu sebagai Bupati Walikota adalah mencerminkan apa yang dirangkum dalam Pemerintahan Provinsi Sulawesi Utara. Semoga melalui Rakorev ini, di tahun 2019 bisa diselesaikan segala persoalan masyarakat yang menjadi komitmen kita bersama," pungkas Gubernur Olly.

Sementara, Kepala Bappeda Sulut Ricky Toemandoek mengatakan tujuan diadakannya rapat ini untuk mendapatkan laporan dari masing-masing bupati dan walikota terkait RKPD kabupaten/kota.

“Hasil dari laporan itu akan menjadi bahan masukan penyusuan perencanaan program dan kerja tahun 2020,” tuturnya.

Selain Bupati Walikota, hadir pula pada Rakorev ini, Perwakilan OJK dan Bank Indonesia, Forkopimda dan instansi vertikal serta pejabat struktural di lingkup Pemprov Sulut.

(*/alfa jobel)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close