Basarnas Manado Gelar Latihan Man Over Board (MOB) Untuk Potensi SAR Sulawesi Utara Basarnas Manado Gelar Latihan Man Over Board (MOB) Untuk Potensi SAR Sulawesi Utara - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Basarnas Manado Gelar Latihan Man Over Board (MOB) Untuk Potensi SAR Sulawesi Utara

15 September 2020 | 19:14 WIB Last Updated 2020-09-15T11:14:43Z


INDIMANADO.COM - Luas wilayah Sulawesi Utara 60% merupakan lautan sehingga perlu peningkatan sumber daya manusia untuk meminimalisir kejadian bencana dan musibah kecelakaan dilaut.


Oleh karena itu, Basarnas Manado mengadakan latihan SAR daerah Man Over Board (MOB) untuk mewujudkan cita-cita mulia Basarnas Manado melaksanakan kegiatan SAR daerah selama enam hari berlangsung di kantor Basarnas Manado dan di pantai Malalayang.


Dalam sambutannya Direktur Operasi Badan SAR Nasional Brigadir Jendral TNI (Marinir) Rasman, M. Tr (Han) menyampaikan bahwa sesuai undang undang Nomor 29 tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan Basarnas diberikan kesenangan dan tanggung jawab dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan untuk kecelakaan laut dan penerbangan atau kondisi yang membahayakan jiwa manusia.


"Kegiatan pencarian dan pertolong merupakan tugas bersama yang harus dilaksanakan secara terpadu dan terkoordinasi dengan baik sehingga tujuan misi pencarian dan pertolongan untuk menyelamatkan jiwa manusia dapat tercapai," ujar Direktur Operasi Badan SAR Nasional Brigadir Jendral TNI (Marinir) Rasman, M. Tr (Han), Selasa (15/9/2020).


Dalam masa pandemi covid-19 seluruh peserta wajib mengikuti rapid tes yang di adakan panitia, seluruh peserta berjumlah 21 orang dari Basarnas, Polairud, perhubungan, BPBD, BMKG, TNI dan Pasi semua wajib mentaati dan mengikuti peraturan pemerintah untuk meminimalisir peserta yang terjangkit  covid-19.


"Dengan adanya latihan SAR daerah MOB seluruh peserta diharapkan bisa memahami dan bisa saling koordinasi dan sinergitas untuk tercapainya operasi sar," pungkas Direktur Operasi Badan SAR Nasional Brigadir Jendral TNI (Marinir) Rasman, M. Tr (Han),


(Ss)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close