Aktifitas Tambang PT SEJ Timbulkan Retakan Tanah, Kebun Raya Megawati Soekarnoputri Terancam Aktifitas Tambang PT SEJ Timbulkan Retakan Tanah, Kebun Raya Megawati Soekarnoputri Terancam - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Aktifitas Tambang PT SEJ Timbulkan Retakan Tanah, Kebun Raya Megawati Soekarnoputri Terancam

28 March 2021 | 22:43 WIB Last Updated 2021-03-28T14:43:18Z


INDIMANADO.COM, RATAHAN - Aktifitas pertambangan emas PT. Sumber Jaya Energi (SEJ) di Ratatotok, Minahasa Tenggara (Mitra) mulai membahayakan.

Dari pantauan media ini ditemukan beberapa retakan tanah di lokasi tersebut.

Selain itu, tempat pengelohan material yang mengandung bahan berbahaya mengalami longsor dengan arah longsoran menuju sungai Buyat Bolaang Mongondow Timur.

Dampak retakan tanah ini diduga akibat penggunaan bahan peledak. Dampak ini jelas membahayakan kawasan konservasi tumbuhan di Kebun Raya Megawati Soekarnoputri yang berdekatan dengan lokasi tersebut.

Perlu diketahui, Kawasan eks tambang PT. NMR ini telah direhabilitasi selama tahun 1996-2010 dan kini dipenuhi oleh beragam jenis tegakan yang membentuk ekosistem hutan sekunder. Bahkan diketahui, lokasi ini sudah ditetapkan KHDTK untuk hutan penelitian, pengembangan dan pendidikan Lingkungan dalam Bentuk Kebun Raya pada Kawasan Hutan Produksi Terbatas di Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara seluas ± 221 ha lewat SK.175/Menhut-II/2014.

(Bill)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close