Desain Logo Baru Yang Terinspirasi Pola Batik, Ini Makna Dari Logo Baru Telkomsel Desain Logo Baru Yang Terinspirasi Pola Batik, Ini Makna Dari Logo Baru Telkomsel - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Desain Logo Baru Yang Terinspirasi Pola Batik, Ini Makna Dari Logo Baru Telkomsel

19 June 2021 | 23:02 WIB Last Updated 2021-06-19T16:04:34Z

 

Direktur Marketing Telkomsel Rachel Goh menyampaikan filosofi hadirnya desain logo baru Telkomsel yang terinspirasi dari pola batik sebagai budaya Indonesia dan selalu relevan di setiap fase kehidupan (Foto Istimewa)

INDIMANADO.COM, Jakarta - Telkomsel resmi berganti logo. Desain logo baru tersebut terinspirasi pola Batik sebagai identitas budaya Indonesia, yang selalu relevan di setiap fase kehidupan.  


Pembaharuan identitas hingga produk dan layanan Telkomsel yang lebih terintegrasi dan customer-centric seiring dengan komitmen sebagai perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia itu resmi diumumkan di Jakarta, Jumat (18/6/2021).


Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam mengatakan Telkomsel membangun identitas brand multinasional modern yang mengacu pada nilai budaya Indonesia. Ini semua didesain untuk memenuhi kebutuhan bangsa di masa depan. 


Alasan pembaruan sendiri kata dia karena teknologi digital terus berkembang pesat dari waktu ke waktu. Seiring dengan hal tersebut, masyarakat Indonesia terus menggali lebih dalam berbagai potensi dari adopsi gaya hidup digital yang menyeluruh.


"Selama lebih dari 26 tahun, Telkomsel senantiasa berdedikasi dalam menghadirkan konektivitas di seluruh penjuru Indonesia. Namun, menjadi perusahaan Telekomunikasi saja tidak lagi cukup dalam menghadirkan perubahan-perubahan transformatif yang lebih bermakna untuk generasi saat ini dan yang akan datang," kata Hendri, Sabtu (19/6/2021).


Identitas Telkomsel yang baru juga menandakan sebuah awal perjalanan yang akan membuka lebih banyak peluang bagi setiap lapisan masyarakat. 


Sebagai brand purpose, Telkomsel hadir untuk melanjutkan komitmennya dalam memberdayakan dan menginspirasi masyarakat Indonesia menuju kehidupan yang lebih bermakna. Hal tersebut diwujudkan melalui layanan dan produk berbasis digital yang akan membuka lebih banyak peluang dan memaksimalkan potensi diri demi membawa masyarakat pada perubahan yang lebih berarti. 


Dalam menjalankan purpose ini, Telkomsel yang baru hadir sebagai creator yang menciptakan kesempatan dan pengalaman baru melalui layanan dan produk digital yang akan mendukung gaya hidup masa depan. 


Transformasi yang dilakukan oleh Telkomsel juga akan semakin dilengkapi dengan serangkaian nilai-nilai baru yang diaktualisasikan ke dalam bentuk integrasi produk-produk dan layanan berbasis digital yang lebih menyeluruh. 


Integrity, menjadi landasan Telkomsel menghadirkan transparansi seutuhnya bagi masyarakat. Purposeful, sebagai komitmen untuk terus terdepan mendampingi Indonesia melewati tantangan dengan membuka berbagai peluang dan kesempatan. Empowering, cara Telkomsel menghadirkan lebih banyak solusi digital yang mampu mendorong kemajuan bagi negeri dan Exciting, wujud konsistensi kami menghadirkan antusiasme melalui solusi yang mentransformasi kualitas kehidupan lebih jauh lagi.


"Nilai-nilai tersebut didasarkan pada komitmen kami untuk memperkuat trifecta digital yang meliputi Digital Connectivity, Digital Service, dan Digital Platform untuk menghadirkan ekosistem digital Telkomsel yang komprehensif dan terintegrasi melalui penerapan produk dan inovasi layanan berbasis best customer-centric solutions, pengembangan jaringan terkemuka secara berkelanjutan, serta berkolaborasi dengan perusahaan teknologi terkemuka dan mitra strategis di Indonesia dalam rangka meningkatkan pengalaman digital lifestyle masyarakat Indonesia," tutur Hendri.


Pembaruan brand identity telkomsel terdiri dari beberapa elemen, baik visual maupun audio. Logo dan font type terinspirasi dari warisan unik Indonesia yaitu motif batik, logo baru Telkomsel menyadur ukiran motif batik yang dirangkai menjadi sebuah font type khusus milik telkomsel: Telkomsel Batik Sans. 


"Font type ini merupakan karya anak bangsa yakni Deni Anggara dari Degarism Studio, Bandung. Selain itu, logo baru Telkomsel memadukan huruf kapital dan huruf kecil yang merepresentasikan semangat Telkomsel untuk lebih ramah dan dekat dengan pelanggan," ujar Hendri


Sebagai pendamping dari logo baru, Telkomsel memperkenalkan sebuah simbol baru berupa portal, yang dapat digunakan secara sendiri atau bersama dengan logo baru. FIlosofi dari portal ini merepresentasikan semangat dari Telkomsel untuk membuka dunia yang penuh dengan peluang kepada Indonesia.


Merah dan putih dari bendera Indonesia tetap menjadi warna utama dari Telkomsel. Namun agar bisa menstimulasi perasaan dan terhubung secara lebih emosional kepada seluruh pelanggan, Telkomsel memperkenalkan beberapa warna sekunder yaitu: merah tua, biru navy, kuning kunyit, abu-abu dan hitam.


Untuk menyederhanakan brand strategy dari seluruh layanannya, Telkomsel mengubah pendekatan multi brand menjadi monolithic brand. Dimana dalam seluruh komunikasi kepada pelanggan, merk Telkomsel akan menjadi lebih kuat dan menonjol. Salah satu contohnya adalah penyederhanaan merk simPATI, Kartu As dan Loop menjadi satu nama, yakni Telkomsel Prabayar.


Selain elemen visual, Telkomsel juga menghadirkan musik baru yang akan merepresentasikan merk dari Telkomsel. Musik ini memadukan instrumen tradisional dan modern, menjadi sebuah musik yang energik, dinamis, modern dan orisinil.


"Di momen peluncuran logo baru, Telkomsel bekerja sama dengan Yovie Widyanto, Arsy Widyanto dan Tiara Andini untuk meluncurkan lagu baru milik Telkomsel dengan judul “Memilih aku”. Lirik dan melodi dari lagu ini menggambarkan rasa terima kasih Telkomsel kepada Indonesia yang telah memilih Telkomsel selama 26 tahun, dan komitmen kuat bahwa Telkomsel akan selalu ada untuk Indonesia," jelas Hendri


Logo Telkomsel yang baru terinspirasi dari lekukan dan pola batik sebagai identitas budaya Indonesia.  Warna merah yang telah menjadi ciri khas Telkomsel kini akan dilengkapi dengan kombinasi gradasi warna untuk memunculkan semangat excitement dan friendliness.


Telkomsel dibangun akan optimisme terhadap masa depan yang lebih baik, yang membuka peluang untuk semua lini kehidupan. Hal ini disimbolisasikan dalam wujud ‘portal’, gerbang menuju dunia penuh peluang dan kemungkinan. Gerbang yang terbuka dan mengundang untuk masuk ke dunia digital yang terpercaya.


Telkomsel yang baru hadir sebagai brand yang lebih ekspansif dan menarik. Maka dari itu, kami akan membawa layanan yang variatif dalam menjawab kebutuhan setiap pelanggan agar dapat lebih menikmati hidup dengan kemudahan teknologi dan gaya hidup digital masa kini. 


Kini, saatnya bagi Telkomsel membawa berbagai terobosan baru sesuai jiwa perusahan, para perintis, pemimpin bangsa, dan pemimpin industri. Menggabungkan beragam produk dan layanan berkualitas dalam satu brand, di bawah naungan satu nama, Telkomsel. 


"Bagi Telkomsel, yang kami lakukan akan membawa pengalaman bermakna, karena semua yang kami lakukan akan membawa pada peluang baru dalam memaksimalkan potensi, baik dari individu maupun industri. Dengan Telkomsel yang baru, semua dapat membuka dan memaksimalkan peluang menuju penemuan dan awal untuk sebuah perubahan, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia," tutup Hendri


Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G. Plate berharap pergantian logo Telkomsel menjadi simbol perubahan fundamental yang mengiringi transformasi digital yang lebih utuh dan matang.  


"Selamat memasuki babak baru bagi Telkomsel. Semoga selalu menjadi yang terdepan dalam mengantarkan Indonesia menjadi lebih terkoneksi, lebih digital, dan lebih maju,” kata Johnny.


(ss)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close