Ketua Lingkungan Bakal Jadi Ujung Tombak Realisasi Pembayaran PBB Lewat Kantor Pos Ketua Lingkungan Bakal Jadi Ujung Tombak Realisasi Pembayaran PBB Lewat Kantor Pos - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ketua Lingkungan Bakal Jadi Ujung Tombak Realisasi Pembayaran PBB Lewat Kantor Pos

3 September 2021 | 20:19 WIB Last Updated 2021-09-03T12:19:36Z
Walikota Manado Andrei Angiuw saat rapat bersama PT Pos membahas sistem pembayaran PBB lewat Kantor Pos. (Istimewa)


MANADO - Walikota Manado, Andrei Angouw (AA) bakal memberdayakan setiap Ketua Lingkungan untuk melakukan sosialisasi dan mendorong masyarakat untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) lewat Kantor Pos dengan menggunakan aplikasi yang sudah tersedia.

Hal ini terungkap dari pembahasan teknis antara Walikota AA bersama PT Pos Indonesia Cabang Manado, Jumat (3/9/2021) di ruang kerja Walikota. Dimana, pihak Kantor Pos menyampaikan bahwa program mereka saat ini dalam rangka mendukung program pembangunan yang sedang digalakan Pemerintah Kota Manado.

Program yang diajukan, dibahas dan diterima, dan sepertinya akan ditindaklanjuti. Jalannya program ini, nantinya akan melewati proses dan mekanisme secara digital yang akan terkontrol lewat Ketua-Ketua Lingkungan yang ada di 504 Lingkungan.

Pelayanan publik khusus Pajak lewat aplikasi yang sudah disiapkan oleh sistem ini akan langsung berkoordinasi dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Manado. Makanya setiap Kapala Lingkungan akan dibekali sistem, cara dan mekanisme pelaporan secara digital ini dalam rangka peningkatan PBB di Kota Manado.

Penciptaan sistem ini akan membuat koordinasi lintas baik secara vertikal maupun horizontal antar lembaga yang berkewenangan dalam program ini dan nantinya dapat dikontrol langsung oleh Walikota.

Mekanismenya secara koordinatif akan menghubungkan kerja dalam sistem mulai dari Ketua Lingkungan yang tentunya sudah meng-coverrage serta menguasai warga dilingkungannya. Kerja dalam sistem ini juga akan terkoordinasi dengan pihak kelurahan, pihak kecamatan dan selanjutnya terkoneksi ke pihak PT Pos dan Bapenda Kota Manado.

(**/alfa jobel)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close