Instalasi Promkes dan Pemasarab RSUP Kandou Gelar Penyuluhan Tentang Varises Instalasi Promkes dan Pemasarab RSUP Kandou Gelar Penyuluhan Tentang Varises - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Instalasi Promkes dan Pemasarab RSUP Kandou Gelar Penyuluhan Tentang Varises

6 April 2022 | 00:01 WIB Last Updated 2022-04-05T16:01:30Z
Pekan Vena Internasional Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP R.D Kandou bekerjasama dengan KSM/Bagian Bedah RSUP Kandou/FK Unsrat, khususnya Divisi Bedah Vaskular melaksanakan kegiatan edukasi bagi pasien, keluarga dan pengunjung rumah sakit yang di gelar Selasa (05/04/2022). (foto istimewa)

MANADO, (indimanado.com) - Sehuhungan dengan peringatan International Vein Week atau Pekan Vena Internasional maka Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou bekerjasama dengan KSM/Bagian Bedah RSUP Kandou/FK Unsrat, khususnya Divisi Bedah Vaskular melaksanakan kegiatan edukasi bagi pasien, keluarga dan pengunjung rumah sakit yang di gelar Selasa (5/4/2022). Dalam kegiatan tersebut, tema yang diangkat adalah mengenai Varises.

Menurut pakar bedah vaskular di RS Kandou, Dr. Yuansun Khosama, SpB(K)V, varises terjadi karena adanya gangguan aliran darah dari pembuluh darah balik (vena) kaki ke jantung.

"Gejala awal penyakit ini adalah nyeri, rasa panas atau terbakar pada tungkai, bengkak, sensasi kesemutan dan terasa berat di kaki, "ujar Dr Yuansun.

Dr. Arief Nur Rachmanto yang juga turut menjadi narasumber mengatakan bahwa banyak mitos yang mengatakan bahwa varises adalah penyakit yang tidak berbahaya dan tidak perlu diobati.

"Meski demikian penyakit ini bisa mendatangkan masalah serius jika tidak ditangani dengan benar, "ujarnya.

Di RSUP Kandou, layanan bedah vaskular untuk menangani penyakit ini bisa didapatkan di poliklinik bedah vaskular. Layanan tindakan bedah vaskular seperti medical compression, suntikan sclerotherapy, medical glue, laser, dll dapat diberikan sesuai indikasi.

Sebagian besar layanan tersebut juga ditanggung oleh BPJS. Antusiasme peserta dalam edukasi ini cukup tinggi. Ada 3 penanya yang mengajukan pertanyaan mengenai gejala dan faktor resiko varises.

Para narsumber memberikan penjelasan atas setiap pertanyaan tersebut. Di penghujung kegiatan, Kepala Instalasi Promkes dan Pemasaran RSUP Kandou, Dr. Sekplin Sekeon, Sp.S, MPH, berterima kasih kepada narasumber dan peserta. Sambil diingatkan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan karena pandemi belum berakhir. (Dwi)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close