Pemprov Sulut Berikan Bantuan Rp 6 Miliar untuk Korban Bencana Abrasi Pantai Amurang Pemprov Sulut Berikan Bantuan Rp 6 Miliar untuk Korban Bencana Abrasi Pantai Amurang - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemprov Sulut Berikan Bantuan Rp 6 Miliar untuk Korban Bencana Abrasi Pantai Amurang

11 July 2022 | 21:17 WIB Last Updated 2022-07-12T15:30:42Z

MANADO, (indimanado.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memberikan bantuan dana sebesar Rp. 6 Miliar untuk korban bencana abrasi pantai Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Bantuan ini diserahkan langsung Gubernur Olly Dondokambey pada Senin (11/7/2022).


Kunjungan Gubernur Olly dan rombongan ini disambut Bupati Minsel Franky Wongkar dan Wakil Bupati Petra Rembang serta Penjabat Sekdakab Minsel Glady Kawatu.

Gubernur Olly dalam kunjungan selain membawa bantuan juga meninjau lokasi tempat pengungsian yang ada di Kelurahan Lewet dan lokasi tempat hunian sementara.


Diketahui, abrasi di pantai Amurang ini mengakibatkan rumah dan hunian penginapan amblas tanpa bekas.

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly mengatakan menyiapkan bantuan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) sebesar Rp. 6 miliar. Dibagi, 5 miliar untuk pembangunan infrastruktur dan sisanya dialokasikan bagi kebutuhan korban bencana.


"Target kita agar supaya ketersediaan tempat relokasi bagi para korban bencana alam cepat-cepat tersedia sehingga pemerintah provinsi menyiapkan 1 miliar untuk pembangunan rumah hunian sementara," ujar Gubernur Olly saat berada di Kantor Bupati Minsel usai memantau lokasi bencana.


"Baru kita siapkan 5 miliar sebagian pembebasan lahan dan sebagian pembangunan infrastruktur jalan supaya mereka datang ke situ sudah bisa dan lahannya sudah siap," sambungnya.


Orang nomor satu di Sulut ini menambahkan akan meminta bantuan dari pemerintah pusat untuk pembangunan rumah hunian tetap.


"Tentunya kita melihat hal-hal lain dalam rangka upaya pembangunan pascabencana ini. Kita akan mendorong agar supaya tidak macet di muara sungai itu ada satu jembatan kita bikin jembatan (baru) jadi lempengan. Jalan kita alohkan tidak lagi lewat tempat bencana. Itu target dalam waktu dekat," terangnya seraya menambahkan untuk target jangka panjang, akan dibuat jalan lingkar dari Amurang hingga ke Kapitu. 


Mendapingi Gubernur Olly, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, Femmy Suluh, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Alexander Wattimena dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Joy Oroh.

(Advetorial Kominfo Sulut)



CLOSE ADS
CLOSE ADS
close