Gubernur Olly Berharap PIT dan Mukernas HISFARSI IAI 2022 Mendorong Peningkatan Kapasitas dan Wawasan Apoteker Indonesia Gubernur Olly Berharap PIT dan Mukernas HISFARSI IAI 2022 Mendorong Peningkatan Kapasitas dan Wawasan Apoteker Indonesia - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Gubernur Olly Berharap PIT dan Mukernas HISFARSI IAI 2022 Mendorong Peningkatan Kapasitas dan Wawasan Apoteker Indonesia

6 October 2022 | 15:28 WIB Last Updated 2022-10-06T13:03:16Z
Resminya Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) dan Mukernas 2022 ditandai dengan memungkul tetengkoren.

MANADO, (indimanado.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mendukung pelaksanaan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) dan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas)
Himpunan Seminat Farmasi Rumah Sakit Indonesia - Ikatan Apoteker Indonesia (HISFARSI IAI) 5 - 7 Oktober 2022 di Manado.

Hal itu disampaikan Gubernur Olly Dondokambey dalam sambutan yang dibacakan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sulut, dr Jemmy Lampus Mkes pada pembukaan PIT dan Mukernas HISFARSI Tahun 2022, di Novotel Convention Center, Kairagi, Manado, Rabu (5/10/2022).

"Selamat datang dan Selamat Bakudapa kepada Ketua Umum Pengurus Pusat HISPARSI beserta jajarannya, perwakilan pengurus HISPARSI daerah dan seluruh peserta kegiatan didaerah Bumi Nyiur Melambai," tulis Gubernur Olly.

Kepala Balitbangda Provinsi Sulut, dr Jemmy Lampus Mkes.

"Menilik perkembangan situasi dibidang kesehatan pasca pandemi Covid-19 di Indosesia patutlah kita syukuri bersama, kita berhasil melewati tantangan dan rintangan yang membuat seluruh masyarakat kuatir," katanya.

Gubernur Olly mengatakan Covid-19 telah mempengaruri berbagai sektor penting dan esensial. Pandemi Covid-19, menjadi permasalan global yang telah memberikan banyak pelajaran, bahwa bawasannya penyakit yang virus berkembang adalah nyata dan hadir bersamaan dengan kehidupan manusia.

Karena itu, Keberhasilan menurut Gubernur Olly harus diapresiasi. Apresiasi kepada seluruh pihak, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI dan POLRI, swasta, tenaga kesehatan, stakeholder bersama seluruh masyarakat yang telah mau dan mampu bergandengan tangan, bahu-membahu bahkan turut berperan aktif dalam penanganan Covid-19, sehingga bisa terkendali bahkan sekarang ini memasuki akhir, dan akan memasuki masa endemi.


Keberhasilan yang rasakan ini juga, menurut orang nomor satu Sulut ini tidak terlepas peran dari HISFARSI, dan peran apoteker rumah sakit. "Sebagai bagian tenaga kesehatan yang terlibat langsung dan mendedikasikan hidupnya sebagai apoteker-apoteker handal yang senantiasa memberi layangan farmasi kepada masyarakat secara optimal dan profesional," ucap Gubernur Olly.

Untuk itu, Dia berharap Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) dan Mukernas, HISFARSI-IAI 5 - 7 Oktober 2022 di Manado ini menghasilkan kesepakatan yang paripurna.

"Kiranya kedua kegiatan penting dan bernilai strategis dibidang kesehatan khususnya di dunia farmasi rumah sakit, bagi apoteker ini mampu menghasilkan output, outcome dan impact yang optimal dalam peningkatan kapasitas dan wawasan bagi apoteker, sekaligus dapat menghasilkan kesepakatan yang paripurna terkait perkembangan teknologi informasi serta isu strategis yang terjadi dibidang kesehatan" harapnya.

Gubernur Olly berharap melalui kegiatan strategis bisa mendapatkan capaian dan manfaat yang positif sekaligus menjadi wahana rekreatif bagi seluruh peserta dari luar daerah untuk bisa menikmati keindahan panorama di Sulut.

Ketua HISFARSI Sulut, apt. Drs Gerald Christian Parera.

"Sulawesi Utara saat ini dalam keadaan sangat kondusif. Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam upaya pemulihan ekonomi saat ini sedang mengoptimalkan kembali beberapa sektor penting, seperti pariwisata dan UMKM. Pada bidang kesehatan, Pemprov Sulut telah membangun 3 (tiga) rumah sakit baru, yaitu; RSUD ODSK, Rumah Sakit Mata dan Rumah Sakit Jiwa V L Ratumbuysang untuk mendukung pelayanan prima dibidang kesehatan," jelasnya.

Diakhir sambutan, Gubernur Olly mengajak para peserta untuk terus berkolaborasi dan menjaga bahkan meningkatkan sinergitan dalam mendukung serta mengsukseskan setiap kebijakan dan program kerja pemerintah pusat dan pemerintah daerah, khususnya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pelayanan kesehatan masyarakat.

"Mari kita jadikan pertemuan ilmiah dan Mukernas ini sebagai wadah evaluasi dan komunikasi dalam merencanakan dan membahas setiap program strategis terhadap permasalahan dan isu-isu strategis yang berkembang. Terlebih dalam melaksanakan tindak lanjut dari kesepakatan yang diperoleh sehingga berkontribusi nyata terhadap pembangunan dan perwujutan Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang kawasan asia pasifik," kuncinya.

Ketua Umum PP HISFARSI, apt. Drs Amrizal Mkes Mars.

Sebelumnya, Ketua Umum PP HISFARSI, apt. Drs Amrizal Marzuki Mkes Mars menyampaikan, sebagai organisasi profesi, HISFARSI melalui kegiatan ini ingin membangun kekompakan dan menjalin silahturahmi sesama anggota apoteker, khususnya apoteker rumah sakit. Dia juga bersyukur di tahun 2022, HISFARSI dan IAI bisa melaksanakan pertemuan yang bersifat luring.

Menurut Amrizal, sudah menjadi tugas HISFARSI sebagai organisasi profesi untuk mengembangkan kompetensi, kemampuan dan pengetahuan apoteker.

"Menjadi tugas HISFARSI meningkatkan kompetensi, kemampuan, dan pengetahuan dari para apoteker. Karena apoteker nantinya ada apoteker spesialis, ada 5 bidang, ditambah dengan yang sudah ada saat ini, Spesialis Farmasi Nuklir," pungkasnya.

Ketua Umum PP IAI, apt. Noffendri Roestam SSi.

Sementara, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), apt Noffendri Roestam SSi menyampaikan bahwa pengusus IAI menyiapkan satu program peningkatan kopetensi apoteker.

Menurutnya, selama ini program spesialis hanya tenaga kesehatan dokter, dan karena itu, sebagai upaya peningkatan kopetensi, pihaknya merencanakan program spesialis apoteker.

"Saat ini kami sedang bekerja sama dengan pemerintah merencanakan program apoteker spesialis. Kami juga bekerja sama dengan perguruan tinggi, rumah sakit dan semua skakeholder," terangnya.

Dia juga menjelaskan saat ini IAI sudah ada program apoteker spesialis.

"Spesialis Farmasi Nuklir dan kami juga sedang merintis empat (4) spesialis baru, yaitu spesialis anak, arkeologi intensive care, dan spesialis penyakit dalam," pungkasnya.

Ketua Panitia PIT dan Mukernas yang juga Ketua HISFARSI Sulut, apt. Drs Gerald Christian Parera dalam laporannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran seluruh peserta di Kota Manado.

"Kami percaya anda apoteker hebat, karena tidak mudah datang ke Sulawesi Utara dengan biaya tiket sekarang yang cukup tinggi, itulah apoteker HISFARSI, semangat untuk memberikan yang terbaik," ucap Parera sembari mengucapkan terima kasih juga kepada semua sponsor, perusahaan-perusahaan farmasi di Indonesia.

Resminya Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) dan Mukernas 2022, ditandai dengan memungkul tetengkoren yang dilakukan bersama-sama oleh dr Jemmy Lampus bersama Ketua Umum PP HISFARSI, apt. Drs Amrizal Mkes Mars, Ketua Umum PP IAI, apt. Noffendri SSi, Ketua HISFARSI Sulut, apt. Drs Gerald Christian Parera, Ketua DPRD Manado, Aaltje Dondokambey, Kepala Dinas Kesehatan kota Manado, dr Steaven Dandel dan diikuti seluruh peserta. (alfa jobel)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close