Jumat Curhat Jegahjo Polres Mitra Lakasanakan Restorative Justice Tindak Pidana Pengancaman Jumat Curhat Jegahjo Polres Mitra Lakasanakan Restorative Justice Tindak Pidana Pengancaman - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Jumat Curhat Jegahjo Polres Mitra Lakasanakan Restorative Justice Tindak Pidana Pengancaman

30 December 2022 | 14:37 WIB Last Updated 2022-12-30T06:37:12Z
Jumat Curhat CEGAHJO Polres Mitra. (Foto Istimewa Sarno Pesak Huma Polres)
Jumat Curhat CEGAHJO Polres Mitra. (Foto Istimewa Sarno Pesak Huma Polres)

MITRA, Indimanado.com - Hari Jumat tanggal 30 Desember 2022 bertempat di warung kopi samping Mapolres Mitra telah dilaksanakan Program Kapolres Mitra yaitu Jumat Curhat / Jumat CEGAHJO! Untuk melaksanakan restorative justice terhadap tindak pidana Pengancaman dengan menggunakan Sajam yang dilakukan Tersangka Lk. Jendry Sadet kepada korban seorang anggota Polri a.n. Bripka Billy Kindangen 

Dipimpin langsung Kapolres Mitra AKBP Feri R. Sitorus, S.I.K., M.H., didampingi Waka Polres Mitra Kompol Aidit Djafar, S.H., M.H., pejabat utama dan Kapolsek Touluaan Iptu Victorrico A. Hartono, S.Tr.K, telah dilakukan upaya restorative justice terhadap Tindak Pidana Pengancaman dengan menggunakan Sajam yang dilakukan Tersangka Lk. Jendry Sadet kepada korban anggota Polri a.n. Bripka Billy Kindangen yang juga dihadiri isteri tersangka, Hukum Tua Desa Lobu Satu Bpk. Harto Umar, Tokoh Agama Pnt. Otniel Mokodaser, tokoh masyarakat Bpk. Jootje Aruperes, dan jurnalis / wartawan Biro Minahasa Tenggara.

Adapun kronologis kasus Pengancaman dengan senjata tajam yang terjadi pada hari Rabu tanggal 07 Desember 2022 sekitar Pukul 23.25 Wita tersebut bermula dari korban yang adalah seorang anggota Polri datang menegur tersangka yang membuat keributan /berteriak sambil membawa senjata tajam jenis pisau badik besi putih.

Dalam keadaan mabuk tersangka berulang kali berteriak “MARI JO BAKU BUNUNG” kemudian dihampiri korban dan menegur tersangka dengan mengatakan “JENDRY KITA ANGGOTA POLISI DATANG MENGAMANKAN KERIBUTAN”. Namun tersangka malah mengatakan “KIAPA KALO ANGGOTA BAKU BUNUNG TORANG dan mengayunkan tangannya yang sedang memegang senjata tajam ke arah korban sebanyak 2 (dua) kali, sehingga korban menghindar dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Touluaan.

Karena rasa kemanusiaan, dan rasa terharu korban Bripka Billy Kindangen terhadap kondisi rumah tangga tersangka, dimana tersangka sebagai tulang punggung keluarga harus menghidupi istri dan 3 (tiga) orang anak yang masih balita, korban memaafkan terlapor dan oleh Kapolres Mitra menyetujui kasus tersebut dapat diselesaikan secara Restorative Justice. 

“Terpenuhinya persyaratan materil dan persyaratan formil yaitu adanya Surat permohonan pencabutan Laporan Polisi dari Korban, Surat kesepakatan perdamaian dan ditandatangani oleh kedua belah pihak serta Berita Acara tembahan kepada korban, maka perkara tersebut dapat dihentikan berdasarkan keadilan restorative (restorative justice),” ungkap Kapolres Mitra.

Kapolres Mitra AKBP Feri R. Sitorus, SIK, MH, berharap dengan dilaksanakannya kegiatan Jumat Curhat / Jumat CEGAHJO! yaitu pelaksanaan restorative justice, dapat menjawab perkembangan kebutuhan hukum masyarakat serta memenuhi rasa keadilan semua pihak.

Upaya Kapolres Mitra untuk memenuhi rasa keadilan ditengah masyarakat dengan diperolehnya hasil kesepakatan yang memuaskan sesuai dengan keinginan pihak – pihak yang berperkara.

Hasil dari kegiatan tersebut, dibuat Surat Kesepakatan Perdamaian yang ditandatangani oleh kedua belah pihak dihadapan para saksi untuk memenuhi persyaratan formil tindak pidana tersebut diselesaikan secara restorative justice, dan akan diterbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan yang ditandatangani atasan Penyidik. (Billy)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close