Walikota Maurits Mantiri Resmi Buka Musrenbang RKPD Kota Bitung 2024 Walikota Maurits Mantiri Resmi Buka Musrenbang RKPD Kota Bitung 2024 - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Walikota Maurits Mantiri Resmi Buka Musrenbang RKPD Kota Bitung 2024

28 March 2023 | 18:55 WIB Last Updated 2023-03-28T13:17:34Z
Walikota Bitung, Ir Maurits Mantiri MM. Foto Ridho Tobing/indimanado.com

BITUNG, (Indimanado.com) - Pemerintah Kota Bitung menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Musrenbang RKPD) tahun 2024 di Ballroom S.H. Sarundajang, Kantor Walikota Bitung, Selasa (28/3/2023).

Musrenbang yang bertema, “Optimalisasi Pelayanan Dasar Publik yang Didukung Dengan Digitalisasi dan Ketahanan Ekonomi Daerah Melalui Pengembangan Industri Serta Suksesnya Pelaksanaan Pemilu," di buka oleh Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri MM didampingi Wakil Walikota Bitung, Hengky Honandar SE dan Forkopimda Kota Bitung.

Foto Ridho Tobing/indimanado.com

Walikota dalam bagian dari sambutannya mengungkapkan bahwa penyusunan RKPD 2024 Kota Bitung ini adalah bagian dari tahapan musyawarah pembangunan yang penyusunannya didasarkan pada
penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMD) Kota Bitung tahun 2021-2026, hasil dari musrembang kecamatan, rencana- rencana kerja perangkat daerah, serta pokok - pokok pikiran dari DPRD dan penjabaran visi misi Kepala Daerah dalam bentuk program prioritas daerah serta memperhatikan hasil capaian kota pembangunan Bitung pada tahun sebelumnya. Dan, tentunya juga menyelaraskan dengan prioritas pembangunan nasional dan Provinsi Sulawesi Utara. Sehingga dengan demikian, akan menghasilkan rencana program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif dan transparan serta dapat pula di pertanggung jawabkan.

Foto Ridho Tobing/indimanado.com

Adapun 9 prioritas pembangunan daerah yang dilaksanakan tahun 2024, yaitu,
  1. Percepatan transformasi digital dalam pelayanan dasar publik untuk mewujudkan Bitung sebagai Kota Digital.
  2. Pembangunan ekonomi daerah dan Reformasi sosial akibat oandemi covid 19
  3. Peningkatan Kualitas SDM melalui bidang pendidikan, kesehatan dan ketenaga kerjaan.
  4. Peningkatan kualitas infrastruktur dasar, ketahanan pangan, pariwisata, ekonomi kerakyatan yang berbasis digital
  5. Penangulangan kemiskinan dan pengangguran
  6. Peningkatan industri dan daya saing usaha mikro kecil dan menengah serta koperasi.
  7. Pengelolaan sumber daya alam, lingkungan hidup dan penanggulangan bencana.
  8. Peningkatan soliditas dan peran tokoh agama untuk menjaga harmonisasi kerukunan yang telah terbina sangat baik.
  9. Penguatan stabilitas trantibmas dan pelayanan publik.

Foto Ridho Tobing/indimanado.com

Sejalan dengan hal itu, meskipun tahun ini adalah tahun terakhir dari periode kepemimpinannya bersama Wakil Walikota Hengky Honandar, Maurits Mantiri kembali mempertegas komitmennya terkait visi-misinya dalam membangun Kota Bitung, yaitu terbentuknya Bitung, kota digital yang mandiri, sejahtera dan berkarakter berlandaskan gotong - royongroyong, yang terdiri dari:
  1. Mewujudkan kota Bitung yang hidup rukun, harmonis, aman, nyaman dan damai dalam perbedaan.
  2. Mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pemenuhan kebutuhan pelayanan dasar yang berkualitas.
  3. Mewujudkan pertumbuhan ekonomi melalui iklim usaha yang ramah investasi yang didukung oleh infrastruktur dan suprastruktur sosial ekonomi yang berkualitas.
  4. Menciptakan pemerintah bersih, efektif, efisien dan hebat.

Mengingat bahwa musrembang ini perannya sangat strategis dalam rangka mempertajam dan mensinergikan berbagai rencana program pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun 2024, Walikota Mantiri mengharapkan kepada semua yang terlibat dalam proses musrembang ini kiranya dapat memberikan masukan melalui mekanisme yang dibagi menurut fungsi guna menyempurnakan rancangan RKPD kota Bitung di tahun 2024.

Foto Ridho Tobing/indimanado.com

"Tentunya sinergitas dan kolaborasi ini, merupakan suatu proses yang baik bagi kita dalam memajukan kota Bitung lewat pengambilan kebijakan yang terpadu untuk selesaikan permasalahan rakyat dan berpedoman kepada 'kerjakan dengan cinta, jauhkan kebencian'," katanya.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan Piagam Penghargaan kepada Kecamatan Madidir yang telah memfasilitasi sehingga masyarakat bisa menghibahkan sebidang tanah untuk Fasilitas Pelayanan publik serta kepada Kelurahan Pintu kota yang telah melaksanakan musyawarah sepakat 2 tahun berturut-turut.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua TP-PKK Kota Bitung, Rita Mantiri - Tangkudung, Sekretaris Daerah Kota Bitung, Ir. Ign. Rudy Theno ST MT, Ketua DWP Kota Bitung, Nurjaya Theno Munarwin, Unsur Forkopimda Kota Bitung, Jajaran Pemerintah Kota Bitung, Staf Khusus dan TP3 Sepakat yang membidangi. (Ido Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close