Gubernur Olly Berharap Pameran Pembangunan di Pasar Tematik Tongkaina Jadi Momen Promosi Pariwisata dan UMKM Gubernur Olly Berharap Pameran Pembangunan di Pasar Tematik Tongkaina Jadi Momen Promosi Pariwisata dan UMKM - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Gubernur Olly Berharap Pameran Pembangunan di Pasar Tematik Tongkaina Jadi Momen Promosi Pariwisata dan UMKM

24 September 2023 | 12:03 WIB Last Updated 2023-10-20T06:15:46Z
Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Prof (HC) Dr (HC) Olly Dondokambey SE saat menyalakan lilin HUT Provinsi Sulut ke-59. Foto Alfa J. Liando/indimanado.com

Manado, indimanado.com - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Prof (HC) Dr (HC) Olly Dondokambey SE berharap Pameran Pembangunan dalam rangka HUT Provinsi ke-59 jadi momen promosi pariwisata dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Hal ini disampaikan Gubernur Olly saat pembukan Pameran Pembangunan di Pasar Tematik Tongkaina, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Sabtu (23/9/2023) malam.

Gubernur Olly Dondokambey saat menyampaikan sambutan sekaligus arahan.

Dia mengungkapkan rasa syukurnya karena pameran ini bisa digelar pada tahun ini, bahkan di lokasi baru, yaitu Pasar Tematik Tongkaina Manado.

Kendati begitu, Gubernur Olly juga memberikan komentar terkait tantangan akses ke lokasi tersebut. Menurutnya, perjuangan untuk mencapai Pasar Tematik Tongkaina cukup besar, dan dia mengingatkan Walikota Manado untuk memperhatikan perbaikan akses menuju lokasi.

Gubernur Olly Dondokambey dan Ketua PMI Sulut, Annie Dondokambey saat menyerahkan penghargaan pendonor sukarela kepada Daniel Mewengkang dan Praseno Hadi.

Meski begitu, Gubernur langsung memberi solusi atas persoalan ini.

"Yang penting Pak Walikota urus pembebasan lahan, jalannya nanti Provinsi yang buat. Muda-mudahan tahun depan bisa diperbaikai," kata Gubernur Olly.

Para tamu yang menyaksikan persembahan Tari Katrili. Tarian Katrili adalah tarian tradisional masyarakat Suku Minahasa di Provinsi Sulawesi Utara.

Selain itu, Gubernur Olly juga membahas perubahan nama pasar ini, dari Pasar Tematik Tongkaina menjadi Pasar Wisata Bunaken. Meskipun Ia tidak menganggapnya sebagai masalah, Ia mendorong agar pasar tersebut dijaga kebersihannya dan dimanfaatkan sebaik mungkin.

"Mari kita nikmati dan sukseskan pameran ini. Pemeran ini gratis, namun jaga keamaan. Jadi terima kasih kepada Pemerintah Kota Manado yang sudah memsuport pameran Sulawesi Utara. Dirgahayu Provinsi Sulawesi Utara ke 59," tutup Gubernur Olly.

Gubernur Olly Dondokambey saat menerima Piala Presiden Republik Indonesia dari Kontingen PORDASI Sulut.

Sebelumnya, Walikota Manado Andrei Angouw menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, tamu undangan, dan masyarakat yang turut hadir di Pasar Tematik Tongkaina Manado. Menurutnya, ini adalah hari pertama ribuan orang datang ke Pasar Tematik Tongkaina, berkat pameran yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

"Saat ini paling banyak orang yang datang ke Pasar Tematik Tongkaina. Pasar Tematik Tongkaina, tujuannya jadi destinasi pariwisata. Selamat datang," kata Andrei Angouw.

Gubernur Olly saat menyerahakan santuan Jaminan Kematian Program Perkasa kepada ahli waris didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulut, Rahel R. Rotinsulu, S.STP, M.Si.

Pada kesempatan tersebut dilangsungkan penyerahan Piala Presiden Republik Indonesia oleh Ketua Kontingen PORDASI Sulut, Ir Limmi Mokodompit didampingi Pemprov PORDASI Sulut, Ferry Wowor kepada Gubernur Olly Dondokambey. Piala Presiden dari cabang berkuda ini sudah dua tahun berturut dipertahankan PORDASI Sulut, yakni pada tahun 2022, dan tahun ini pada 3 September 2023 di Gelanggang Pacuan Kuda, Sumatera Barat.

Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si saat menerima penghargaan dari Gubernur Olly Dondokambey.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada pendonor darah sukarela oleh Gubernur Olly dan Ketua PMI Sulut, Annie Dondokambey kepada Daniel Mewengkang yang sudah 100 kali mendonorkan darahnya dan Praseno Hadi yang sudah 75 kali.

Clay June H. Dondokambey SSTP MAP saat menerima penghargaan dari Gubernur Olly Dondokambey.

Selanjutnya penyerahan pemenang lomba desa dan kelurahan serta lomba dalam rangka HUT RI ke-78 dan HUT Provinsi Sulut ke-59, antara lain; Lomba Busana Bung Karno dimenangkan Biro Umum Setdaprov Sulut, Lomba ASN Teladan kategori golongan III dimenangkan ASN dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Lomba Tenis Meja Tunggal yang dimenangkan oleh Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si (Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulut), Lomba Futsal dimenangkan oleh Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut diteriman Kepala Dinas, Dr. Femmy Suluh, M.Si dan Lomba Duet Jabatan Tinggi Pratama diterima Kepala BKAD Provinsi Sulut, Clay June H. Dondokambey SSTP MAP.

Dr. Femmy Suluh, M.Si saat menerima penghargaan dari Gubernur Olly Dondokambey. 

Gubernur Olly juga menyerahakan santuan Jaminan Kematian Program Perkasa kepada ahli waris, penghargaan kepada tokoh agama, Piagam Penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik tahun 2023 dari Ombudsman RI Perwakilan Sulut kepada Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut yang diterima langsung Kepala Dinas, Dr. Femmy Suluh, M.Si dan kepada Biro Organisasi Setda Provinsi Sulut, dan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulut yang diterima Kaban, Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si.


Nampak hadir dalam Pameran Pembanguan 2023, Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven OE Kandouw, Sekretaris Provinsi Sulut, Steve Hartke Andries Kepel ST M.Si, Ketua TP PKK Sulut, Ir Rita Tamuntuan, Sekretaris TP PKK Sulut, dr Kartika Devi Tanos MARS, Wakil Walikota Manado, dr Richard Sualang, serta Forkopimda Sulut. (Alfa Jobel/Advetorial Diskominfo Sulut)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close