Pasca Dilantik, 2.751 Petugas KPPS Mitra Wajib Tanam Pohon Pasca Dilantik, 2.751 Petugas KPPS Mitra Wajib Tanam Pohon - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pasca Dilantik, 2.751 Petugas KPPS Mitra Wajib Tanam Pohon

27 January 2024 | 11:00 WIB Last Updated 2024-01-27T03:00:23Z
Pelantikan Petugas KPPS. (Foto istimewa)
Pelantikan Petugas KPPS. (Foto istimewa)

MITRA, Indimanado.com - 2.751 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS di wilayah Kabupaten Minahasa Tenggata (Mitra) dilantik serentak oleh 144 Ketua PPS yang tersebar di Minahasa Tenggara .

Pelantikan serentak ini dimulai sejak pukul 09:00 wita. Usai dilantik langsung dilanjutkan dengan penanaman pohon secara serentak se Indonesia pada Kamis, (25/1/2024). 

"Jadi pelantikan, penanaman dan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Pemungutan dan Penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dilakukan secara serentak seluruh Indonesia. Untuk bimtek dilaksanakan selama tiga hari sampai Sabtu 27 Januari 2024," Kata Ketua KPU Mitra Otnie Tamod. 

Lebih lanjut dikatakannya, setelah dilantik, setiap anggota KPPS wajib menanam pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. 

"Jadi setiap anggota KPPS menanam 1 pohon, jadi total pohon yang ditanam ini sebanyak jumlah anggota KPPS yang dilantik. Program KPU ini sebagai bagian kepedulian terhadap lingkungan, karena pemilu kita masih menggunakan kertas untuk surat suara maupun kotak surat suara yang sumbernya dari bahan kayu. Makanya harus diganti dengan program reboisasi," Jelas Tamod.

Tamod juga mengungkapkan, anggota KPPS yang dilantik segera mendapatkan bimbingan teknis terkait proses pemungutan suara nanti.

"Untuk proses Bimtek di bagi per wilayah dan setiap kecamaran ada beberapa titik lokasi Bimtek. Setiap titik bimtek sebanyak 50 orang peserta. Ini kami lakukan, agar materi bimtek dapat diserap dengan baik oleh anggota KPPS. Karena kalau peserta terlalu banyak, jadi tidak efektif. Makanya, kami lakukan bimtek dengan waktu yang cukup panjang dari pagi hingga sore hari, bahkan ada yang sampai malam. Karena harus dengan simulasi dan materi Sirekap," ungkap Otnie. 

"Untuk Bimtek ini kami di KPU melakukan secara berjenjang. Dari KPU RI melakukan Bimtek kepada KPU Provinsi dan KPU Provinsi melakukan Bimtek kepada KPU Kab/ko. Sementara kami di Kab/ko melakukan bimtek kepada PPK, dan PPK melakukan bimtek kepada PPS. Sementara untuk bimtek kepada KPPS l, materinya disampaikan oleh PPS," tambahnya. 

Ketua KPU juga berharap seluruh anggota KPPS mengikuti bimtek dengan baik


"Kami berharap, KPPS dapat mengitu dengan baik dan dapat mempraktekkan materi Bimtek ini saat menjalankan tugas di TPS pada Rabu 14 Februari 2024 mendatang," tutup Tamod. (Billy)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close