Wagub Kandouw Ajak Lansia Tetap Semangat dan Produktif Wagub Kandouw Ajak Lansia Tetap Semangat dan Produktif - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Wagub Kandouw Ajak Lansia Tetap Semangat dan Produktif

2 September 2019 | 22:41 WIB Last Updated 2020-01-27T16:03:35Z

INDIMANADO.COM, SULUT - Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven O.E. Kandouw mengatakan bahwa pertambahan tingkat harapan hidup memberikan pengaruh yang cukup besar dalam segala aspek bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Wagub Kandouw saat menghadiri Kegiatan Hari Lanjut Usia Nasional tahun 2019 yang mengusung tema Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat di Lapangan Boki Hotinimbang Kota Kotamobagu, Senin (2/9/2019) siang.

“Apalagi di Sulut tadinya Piramida demografinya yang kaum muda lebih banyak dari pada yang tua, tapi sekarang sudah sebaliknya,” kata Kandouw.

Lanjut Kandouw, Sulut memiliki dua aset penting bonus demografi yaitu angkatan kerjanya tinggi dan lansia semakin banyak. Tambah dia, hal ini menimbulkan konsekuensi.

“Yang pertama tenaga kerja yang muda dan masih kuat banyak dan itu pemerintah harus siap dalam menciptakan lapangan pekerjaan,” ucap Kandouw.

“Dengan UMP peringkat ketiga tertinggi di Indonesia ini memiliki konsekuensi bahwa SDM kita harus di tingkatkan. Dari Sekolah sampai dengan perguruan tinggi harus disiapkan betul-betul. Faktanya harus diakui telah terjadi decline untuk kualitas pendidikan kita,” sambung Wagub Sulut.

Disamping itu, Kandouw menyampaikan bahwa melalui momentum ini dapat mengingatkan kepada Pemerintah bahwa lansia itu harus diperhatikan.

Wagub juga mengapresiasi kepada Pemerintah Kota Kotamobagu tentang pelayanan Kesehatan di Kotamobagu dengan membuat Rumah Sakit dengan taraf Rumah Sakit Rujukan yang sebentar lagi akan diresmikan.

“Pemprov Sulut akan membantu dalam penyediaan alat ronse dan hemodialisis.
Agar supaya tidak jauh-jauh lagi ke manado untuk memeriksa,” tandasnya.

Terkait BPJS, Kandouw mengatakan Gubernur Olly Dondokambey ingin semua masyarakat Sulut ini tercover, jadi kalau ada kabupaten/kota yang kurang akan di penuhi oleh pemerintah.

Wagub juga menyampaikan kepada seluruh lansia untuk tetap memiliki semangat hidup dan harus optimis jangan sampai kehilangan harapan hidup.

“Biar tua torang masih banyak gunanya, paling tidak dapat memberikan petuah dan nasehat kepada anak-anak dan cucu-cucu,” ucapnya

Lebih jauh, Wagub Kandouw mengajak kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota untuk selalu kompak saling suplementer dan komplementer, serta koordinasi horizontal itu penting.

“Pesan Pak Gubernur kepada Bolmong Raya untuk bekerja secara berkelanjutan dan menjadi target kita bersama supaya bolmong raya ini dalam pembangunannya holistik dalam segala aspek. Dan kepada para lansia untuk tetap semangat,” tutupnya.

Sebelumnya dalam laporan Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara Rinny Tamuntuan juga mengatakan pelaksanaan kali ini menjadi tuan rumah Kota Kotamobagu.

“Pelaksanaan ini setiap tahun kita gelar. Acaranya Provinsi dilaksanakan di Kotamobagu,” kata Rinny Tamuntuan.

Selanjutnya Rinny juga mengungkapkan bantuan yang diberikan berfariasi termasuk kursi roda yang dibagi di seluruh daerah yang ada di Sulawesi Utara. “Kita memberikan bantuan kursi roda untuk daerah-daerah. Ada juga pelayanan kesehatan secara gratis dan pesertanya dari Lansia di sekua daerah se Sulut, ujar Kadis Sosial Sulut Rinny Tamuntuan.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, melantik Komisi Daerah (Komda) Lanjut Usia (Lansia) Kota Kotamobagu,

Komda Lansia Kotamobagu ini, dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan. Sementara anggota terdiri dari sejumlah pimpinan SKPD.

Turut hadir Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow. , Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena, Wakil Bupati Boltim Rusdi Gumalangit , Forkopimda Kota Kotamobagu Pejabat Eselon II Pemprov Sulut dan Kota Kotamobagu.

(*/alfa jobel)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close