Pemprov Sulut Siap Fasilitasi Warga Kawanua di Wamena Pemprov Sulut Siap Fasilitasi Warga Kawanua di Wamena - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemprov Sulut Siap Fasilitasi Warga Kawanua di Wamena

1 October 2019 | 18:50 WIB Last Updated 2020-01-26T21:00:40Z

INDIMANADO.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bergerak melakukan langkah antisipasi menjaga keamanan warga kawanua yang terkena dampak kerusuhan di Wamena, Papua.

Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, langsung memerintahkan stakeholder terkait untuk berkoordinasi membantu warga yang terdampak bencana kerusuhan. Langkah ini diambil sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap warga kawanua.

"Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, Biro Pemerintahan dilakukan koordinasi bersama Kerukunan Keluarga Kawanua Jayapura," ungkap Kepala Bagian Humas Setdaprov Sulut, Christian Iroth, melalui rilisnya, Selasa (1/10/2019).

Dari data terakhir yang diterima ada sekitar 350 orang warga kawanua yang berada di rumah sakit AURI Wamena, 500 orang telah keluar dari wamena dan 100 orang berada di penampungan Jayapura.

Dalam hal ini, Pemprov Sulut terus berkoordinasi untuk mendapatkan informasi terkait kebutuhan mendesak para warga.

Pemprov Sulut juga telah menyurat ke Panglima TNI untuk bantuan pesawat hercules yang akan mengangkut para warga. Dinas sosial provinsi juga melakukan koordinasi terkait bantuan makanan yang diperlukan warga.

Diketahui, kerusuhan di Wamena berawal dari unjuk rasa siswa di Kota Wamena, Papua, Senin (23/9/2019). Demonstran bersikap anarkistis hingga membakar rumah warga, kantor pemerintah, PLN, dan beberapa kios masyarakat.

Unjuk rasa yang berujung rusuh itu diduga dipicu oleh perkataan bernada rasial seorang guru terhadap siswanya di Wamena. Komandan Kodim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Candra Dianto menyatakan bahwa korban tewas berjumlah 33 orang.

(*/alfa jobel)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close