Dinkes Mitra Himbau Warga Antisipasi Virus Corona Dinkes Mitra Himbau Warga Antisipasi Virus Corona - Media Independen

Iklan

TERKINI

Dinkes Mitra Himbau Warga Antisipasi Virus Corona

indimanado.com
24 January 2020, 20:30 WIB Last Updated 2020-01-28T00:31:13Z

INDIMANADO.COM, RATAHAN - Penyebaran Virus Corona diantisipasi. Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), lewat Dinas Kesehatan pada Jumat (24/1/2020), telah menyampaikan himbawannya.

Hal ini terkait juga dengan tingginya turis dari Cina yang berwisata ke Sulawesi Utara (Sulut), dimana diketahui Virus Corona ini, mulanya dari Negara Cina. Karena itu, bukan tidak mungkin virus ini bisa ada di daerah Nyiur Melambai.

Mengantisipasi bahaya Virus Corona, Pemerintah Provinsi Sulut, Jumat (24/1/2020), telah mengeluarkan surat edaran. Menindaklanjuti surat edaran, Dinkes langsung menyampaikan himbawannya.

Kepala Dinas Kesehatan, Helny Ratuliu mengatakan, pihaknya telah menghimbau dan mengeluarkan edaran waspada disetiap puskesmas dan pemerintah kecamatan dan desa, untuk mengantisipasi virus ini masuk ke tanah Patokan Esa.

Dikonfirmasi Jumat (24/1/2020), wilayah Mitra belum terdeteksi adanya Virus Corona.

"Untuk saat ini belum ada yang namanya Virus Corona menjalar masuk ke Minahasa Tenggara," ujar Ratuliu.

Akan tetapi antisipasi terkait virus tersebut, terus ditingkatkan pihak Dinkes.

"Antisipasinya sendiri, kami pihak Dinkes telah mengeluarkan edaran kewaspadaan disetiap puskesmas yang tersebar di seluruh Minahasa Tenggara," tandas Ratuliu.

Ia mengharapkan, masyarakat juga proaktif dalam mengantisipasi hal ini.

"Edaran itu juga telah diberikan disetiap Kecamatan dan Desa. Sehingga bisa saling berperan aktif untuk menghimbau kepada masyarakat, agar bisa lebih tahu apa dampak dari Virus tersebut bila diserang," terang Ratuliu.

Ia berharap dengan adanya edaran tersebut, masyarakat lebih tahu dan bisa lebih menjaga diri untuk menghindari pemicu virus tersebut.

"Bukannya tidak mungkin untuk masuk di Minahasa Tenggara, akan tetapi tidak ada salahnya kita coba mencegah dengan gaya hidup sehat serta selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Dan pemerintah akan terus memantau sejauh mana beredarnya virus tersebut dan akan diinformasikan lagi bila ada masalah serius," tutup Ratuliu.

(Bill)
Baca Juga
Komentar

Tampilkan

Terkini

close