Profil Singkat Christiano Talumepa Pjs Bupati Boltim Profil Singkat Christiano Talumepa Pjs Bupati Boltim - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Profil Singkat Christiano Talumepa Pjs Bupati Boltim

27 September 2020 | 10:31 WIB Last Updated 2020-09-29T02:31:36Z
Christiano Talumepa SH MSi saat dikukuhkan Pjs Bupati Bolaang Mongondow Timur.

INDIMANADO.COM - Mengenal Profile Christiano Talumepa SH.MSi, dikenal dengan nama CHRISTAL, Suami dari Dr. Franciska Kaihatu Sp.A dokter Spesialis Anak, sebagai Penjabat bupati kabupaten Bolaang mongondow Timur.

Seorang birokrat muda yang bening bersih bersinar. Sebagai seorang birokrat punya segudang pengalaman dalam bidang pemerintahan. Dirinya pernah menjabat Kepala Biro Hukum termuda di Indonesia, yang mampu menyelesaikan banyak permasalahan hukum saat itu termasuk menyelamatkan aset aset pemerintah daerah yang menjadi objek gugatan dan juga melakukan pengkajian penyusunan produk hukum daerah serta mengevaluasi produk hukum kabupaten kota sebelum di tetapkan dan diberlakukan sbg regulasi daerah.

Dirinya juga pernah menjadi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang sempat meresahkan pemilik perusahaan baik swasta maupun BUMN dan BUMD karena kebijakan-kebijakannya yang mewajibkan setiap perusahaan untuk melakukan perlindungan hak hak tenaga kerja/karyawan, seperti kewajiban perusahaan melakukan pemeriksaan kesehatan tenaga kerja & UMP yang layak , sehingga melahirkan UMP tertinggi di Indonesia timur setelah Papua dan juga Zero Accident/Nol kecelakaan kerja, setelah itu menjabat Kepala Badan Lingkungan Hidup yang saat itu mewajibkan setiap usaha/kegiatan perusahaan untuk wajib memiliki AMDAL/Analisis Dampak Lingkungan dan membentuk Tim Pengawasan dan Penegakan Hukum Terpadu yang melakukan pemeriksaan terhadap pelaku usaha yang nakal.

Pada usia 44 tahun dirinya menjadi Asisten 3 “termuda” di Indonesia serta mampu menyelesaikan masalah temuan BPK yang sudah menjadi konsumsi publik karena di sorot semua media saat itu dan Pemerintah Prov. Sulut dapat meraih kembali penilaian WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan Negara (BPK) disamping itu juga dirinya punya pengalaman sebagai Ketua Tim Evaluasi PERDA APBD Kabupaten/Kota dan PERDA tentang kelembagaan Kabupaten/Kota.

Sirinya juga pernah Menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi dan ditangannya permasalahan 5 (lima) kepemimpinan PUSKUD yang sudah berlarut larut tak terselesaikan oleh 5 Kepala Dinas sebelumnya dapat di selesaikan menjadi 1 (satu) Kepengurusan.

Gubernur Olly pernah mempercayakan sebagai POLICY ADVISOR GUBERNUR / PENASEHAT KEBIJAKAN GUBERNUR dalam Jabatan Esalon 2 A sebagai STAF AHLI BIDANG PEMERINTAHAN HUKUM DAN POLITIK yang sehari hari mendampingi Gubernur untuk memberikan saran dan pertimbangan agar kebijakan pemerintahan yang diambil tidak berdampak hukum dan politik dan saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi informatika Persandian dan Statistik Provinsi sulut.

Dalam karier kepangkatan Christiano Talumepa yamg dikenal dengan nama Christal pernah mendapat KENAIKAN PANGKAT PRESTASI KERJA LUAR BIASA BAIKNYA 4D, yang diusulkan oleh Gubernur ke BKN Pusat dan diuji oleh 5 pejabat eselon 1 (SESTAMA DAN PARA DEPUTI) yang dipimpin langsung oleh Kepala BKN PUSAT, Pejabat setingkat Menteri.

Karier kepangkatan 4D yang mestinya diraih oleh seorang PNS dalam masa kerja dinas 30 tahun , akan tetapi oleh seorang CHRISTAL pangkat golongan tersebut hanya diraih dalam jangka waktu dinas 17 tahun 6 bulan dan rekor kepangkatan seperti ini masih langka di Indonesia. Sekarang beliau dipercayakan menjadi Penjabat Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

(**/alfa jobel)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close