Wamendag RI Jerry Sambuaga Hadiri Kick off Duta IKM/UMKM Go Export di Manado Wamendag RI Jerry Sambuaga Hadiri Kick off Duta IKM/UMKM Go Export di Manado - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Wamendag RI Jerry Sambuaga Hadiri Kick off Duta IKM/UMKM Go Export di Manado

3 October 2020 | 16:30 WIB Last Updated 2020-10-04T00:48:11Z

 

Wamendag RI Jerry Sambuaga Hadiri Kick off Duta IKM/UMKM Go Export di Manado (Foto: Bhansu)



INDIMANADO.COM  - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado bekerja sama dengan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) melauncing kegiatan Kick off duta IKM/UMKM go Export di Godbless Park, Manado, Sabtu (3/10/2020).


Dalam kesempatan tersebut turut hadir Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga yang menyampaikan bahwa Kick off Duta IKM/UMKM itu diharapkan Sulawesi Utara (Sulut) khususnya Kota Manado memiliki lebih banyak pelaku UMKM yang bisa mengirim produknya ke Luar Negeri.


Indonesia kata dia merupakan negara yang punya potensi besar jadi eksportir karena memiliki sumber daya, disitulah peran UMKM yang akan mengolah dan memproduksi.


"Pemerintah pusat sangat mendukung upaya peningkatan UMKM, sebab terbukti, UMKM itu sokoguru ekonomi kita. UMKM paling tahan diterpa goncangan ekonomi. Di pandemi ini, tak sedikit memang UMKM yang terdampak tapi banyak yang langsung bangkit," terangnya


Antusiasme UMKM yang bangkit dari keterpurukan disaksikan oleh Wanendag sendiri, ketika melakukan kunjungan kerja ke Manado sejak dua hari lalu.


Bahkan dia mengaku sempat berbicara dengan para pedagang di pasar tradisional Bersehati dan melihat langsung beberapa UMKM telah beraktivitas sebagai tanda sektor perdagangan, ekonomi tetap jalan.


"Hal ini cukup menggembirakan, dimana, Indonesia tetap mencatat neraca perdagangan surplus di tengah pandemi Covid-19. Per Agustus 2020. Neraca perdagangan Indonesia surplus 11,05 miliar dollar AS," kata dia.


Kondisi ini menurutnya cukup bagus dan agar dipertahankan. Kesempatan ini juga patut dimanfaatkan oleh pelaku UMKM di Sulut, khususnya di Manado untuk bisa melakukan ekspor sebesar-besarnya.

Wamendag RI Jerry Sambuaga Hadiri Kick off Duta IKM/UMKM Go Export di Manado (Foto: Bhansu)



Wakil Ketua Umum bidang UKM Kadin Sulut Ivantry Matu dalam sambutannya menyampaikan bahwa dimasa pandemi covid-19 ini UKM itu tidak boleh tidak mendapat apa-apa, apalagi ketika sekarang peluang terbuka begitu besar, dibukanya penerbangan direct call ekspor langsung ke jepang itu tentu sangat menggembirakan.


"Kami berharap dari kegiatan seperti ini kita akan bisa membuat semacam wirausaha club centre. Kita berharap juga ada satu lokasi yang itu betul-betul untuk aktivitas UKM. Mudah-mudahan itu bisa terwujud makanya kami berharap dari dukungan kementerian perdagangan kita bisa membuat itu. Dan kalau ini jadi mungkin ini yang pertama di indonesia, kita buat pusat pelatihan juga," jelasnya


Sementara itu, Walikota Manado GS Vicky Lumentut dalam sambutannya mengatakan ini titik awal menandakan Manado sedang disiapkan untuk nantinya produk akan dikemas dan akan lakukan kegiatan eksport.


Walikota  juga sampaikan terima kasih kepada Wamendag Jerry Sambuaga yang mengambil waktu secara khusus melakukan kick off ini.


"Kami berharap ditengah pandemi Covid-19 ini, kota Manado bisa bangkit lagi ekonominya dengan produk-produk dari  UMKM," ungkap Walikota.


Dan sangat mendukung Kegiatan UMKM untuk dikembangkan agar perekonomian di kota Manado ditengah pandemi Covid-19 ini tetap berjalan.


"Ditengah pandemi ini saya juga berharap teman-teman UMKM, memanfaatkan waktu yang telah di launching hari ini, perhatianndari pemerintah kota dan dukungan dari provinsi serta kementerian perdagangan," kata Walikota. 


"Berkreasilah, berinovasi dengan baik dan hasilkan produk-produk dengan kualitas yang baik serta tetap menjaga kontinitasnya sekali berproduksi terus jangan berhenti," tambah Walikota 


Hadir dalam kesempatan tersebut Walikota Manado GS Vicky Lumentut, Wamendag RI Jerry Sambuaga, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulut Ronald Sorongan, Wakil Ketua Umum bidang UKM Kadin Sulut Ivantry Matu, Kepala BPOM Manado Sandra M. P Linthin, Kapolresta Manado Kombes Pol Elvianus Laoli SIK, Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Y R Raja Sulung Purba.


(ss)

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close