Olly Dondokambey: Dibalik Kesuksesan Suami Ada Peranan Isteri Hebat Olly Dondokambey: Dibalik Kesuksesan Suami Ada Peranan Isteri Hebat - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Olly Dondokambey: Dibalik Kesuksesan Suami Ada Peranan Isteri Hebat

22 April 2021 | 14:59 WIB Last Updated 2021-04-22T07:09:55Z

INDIMANADO.COM - “Ada peran seorang istri terhadap kesuksesan suami. Kesuksesan suami ada di tangan istri,” ungkapan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey ini sangatlah bermakna dan membanggakan Ibu-ibu Tim Pengerak PKK sebagai pendamping yang mampu mengaplikasikan peranannya dalam menunjang tugas kerja Bapak-bapak/para suami sehingga berhasil dan sukses.

Hikmah tentang pentingnya peranan istri ini disamipaikan top eksekutif Sulut ini saat menghadiri peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 Tahun 2021 di Provinsi Sulut dengan tema Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju yang dirangkaikan dengan Pelantikan Pengurus TP PKK Sulut, pengukuhan pengurus Koperasi PKK dan Rakerda TP PKK Sulut, Selasa (20/04/2021).


Ini adalah suatu bentuk penghormatan dan penghargaan dari seorang Gubernur yang mengakui keberhasilannya adalah atas peran seorang isteri. Tentu membuat Ibu-ibu TP PKK tergerak dan mau mencotoh resep First Lady Sulut (Ibu Gubernur Rita Dondokambey Tamuntuan, red) yang tidak pernah berhenti memberi semangat dan tidak pernah lelah mendampingi suami, serta melakukannya dengan penuh cinta.

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly dalam sambutannya juga menyampaikan, seorang ibu berperan mendorong kesuksesan dalam suatu kehidupan, dan pentingnya peran seorang isteri dalam mewujudkan kesuksesan suami.
Orang nomor satu di Sulut ini juga mengingatkan betapa pentingnya sinergitas antara pemerintah dan TP PKK sebagai Mitra dalam pembangunan daerah.


“Kerja sama PKK dan Pemprov Sulut harus bersinergi. Banyak program Pemerintah jika dijalankan oleh ibu-ibu pasti berjalan lancar. Seperti posyandu yang harus dioptimalkan kembali," ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus Koperasi TP PKK Provinsi Sulawesi Utara dengan susunan sebagai berikut;
  • Ketua: Dra Youke Besouw
  • Sekretaris: Ir Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan
  • Sekretaris I: Dr Kartika Devi Kandouw-Tanos, MARS
  • Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga: Dra Ivonne Silangen-Lombok

Sementara itu, Ketua TP PKK Sulut Ibu Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan mengucapkan selamat kepada pengurus PKK yang baru dilantik.


“Saya ucapkan selamat menjalankan tugas kepada Pengurus TP-PKK serta Pengurus Koperasi yang dilantik. Menjadi Pengurus TP PKK itu sejatinya bersifat perorangan dan sukarela,” katanya.

Terkait Rakerda PKK, Ibu Rita menerangkan pada bulan Maret lalu, telah dilaksanakan Rakernas PKK yang ditindaklanjuti dengan pelaksanaan Rakerda PKK hari ini.

Sebagaimana kita ketahui Rakerda ini bertujuan untuk mendapatkan persepsi dan pemahaman yang sama mengenai rencana program dan kegiatan dalam rencana induk dan strategi sebagaimana diatur dalam Peraturan Mendagri Nomor 36 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan PKK.


Pada kesempatan itu, Ibu Rita juga mengharapkan dukungan dari Gubernur Sulut sebagai Ketua Pembina PKK Provinsi agar kegiatan PKK terus didukung Perangkat Daerah dengan program, kegiatan yang benar-benar memberi manfaat bagi pemberdayaan masyarakat.

“Karena kami sadari program-program PKK tidak dapat dilakukan sendiri, perlu kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak,” ujarnya.

Pada kegiatan ini turut diserahkan bantuan dari PKK berupa perlengkapan posyandu, bansos untuk batita dan ibu hamil kurang mampu.


Gubernur Olly Dukung BKOW Sulut

Pada peringatan Hari Kartini 21 April 2021, Gubernur Olly Dondokambey kembali memberikan apresiasi atas peranan wanita dalam pembangunan daerah, khususnya di Provinsi Sulawesi Utara.

Peranan perempuan harus tertap dijaga dan di kembangkan bukan hanya hebat sebagai pendamping suami, tapi menjadi hebat dalam segala hal, sehingga perjuangan Raden Ajeng (RA) Kartini dengan nilai-nilai Emansipasi telah membawa kaum perempuan menjadi hebat akan semakin hebat dan benar-benar nyata terwujud dalam segala aspek kehidupan.


RA Kartini adalah Pejuang Nasional Perempuan Indonesia yang telah membuka jalan dan memotivasi bagi kita, sehingga sebagai kaum perempuan, hargailah dan janganlah mau di tindas, dan apalagi mau di sepelekan oleh kaum lelaki, tetap berprestasi dalam meraih segala cita-cita setinggi langit.
Sejalan dengan itu Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengakui, sukses atau tidaknya pembangunan, salah satunya ditentukan oleh peran serta perempuan/wanita.

Menurutnya, pembangunan yang dilaksanakan di Sulut tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah, peran organisasi masyarakat dan dunia usaha menjadi kunci keberhasilan pembangunan itu sendiri.

“Keberadaan BKOW menjadi penting dalam pembangunan. Segenap komponen BKOW diharapkan bisa bersinergi dengan Perangkat Daerah yang ada dalam pelaksanaan program kerja sehingga peran BKOW dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Olly pada pelantikan Ketua dan Pengurus Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Sulut masa bakti 2021-2024 di Aula Mapalus Kantor Gubernur, Rabu (21/04/2021).


Orang nomor satu di Sulut ini pun mengapresiasi dan mendukung penuh eksistensi Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Organisasi BKOW ini adalah organisasi nirlaba yang tanpa digaji, tapi organisasi ini punya manfaat yang sangat besar bagi perkembangan dari segi ekonomi maupun kesejahteraan yang ada di provinsi Sulut,” ujarnya.

“Karena organisasi wanita memang lebih bisa dicap atau lebih mengena dan gampang berkomunikasi sampai dengan masyarakat yang ada di tingkat bawah, tentunya harapan ini yang menjadi tumpuan dari pemerintah untuk dapat bisa bekerja bersama-sama dalam rangka mensukseskan semua program-program dalam rangka mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Sulut,” sambungnya.
Disamping itu, Olly juga memastikan dukungan Pemprov Sulut terhadap semua kegiatan yang menjadi program dari segenap pengurus BKOW Sulut, termasuk didalamnya fasilitas gedung dari BKOW Sulut.


“Memang tugas berat bagi BKOW Sulut ini untuk mengkonsolidasikan seluruh organisasi wanita yang ada di Provinsi sulut, karena dengan kepentingan masing-masing setiap organisasi yang ada tentunya ada perbedaan-perbedaan, tapi saya percaya dibawah kepemimpinan pengurus yang baru ini semua bisa berjalan dengan baik,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Olly juga menitip juga kepada BKOW Sulut dalam rangka melakukan upaya untuk menjaga generasi kedepan Sulut yang maju. “Saya berharap kepada BKOW Sulut terkait permasalahan-permasalahan di masyarakat khususnya bagi anak-anak yang baru lahir atau ibu-ibu yang mengandung untuk menjaga angka kelahiran yang baik sehingga generasi kedepan kita bisa mendapatkan tempat yang baik,” tandasnya.

Berikut Susunan Dewan Pengurus Inti BKOW Provinsi Masa Bakti 2021-2024:

  • Ketua Umum : Ir Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan
  • Ketua I : dr Kartika D Kandouw-Tanos, MARS
  • Ketua II : Dra Ivone Silangen-Lombok
  • Sekretaris Umum : Dr Ir Mareyke Maringka, MS
  • Bendahara Umum : dr Rini Silangen-Tamuntuan

(Advetorial Kominfo)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close