Empat Kelompok Ini Sumbang Inflasi di Kota Manado Empat Kelompok Ini Sumbang Inflasi di Kota Manado - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Empat Kelompok Ini Sumbang Inflasi di Kota Manado

3 May 2021 | 23:10 WIB Last Updated 2021-05-03T15:10:21Z

 

Kepala BPS Sulut Asim Saputra (Foto Istimewa)

INDIMANADO.COM, Manado - Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Utara (Sulut) mencatat Kota Manado pada bulan April 2021 mengalami inflasi sebesar 0,96 persen, inflasi tahun kalender sebesar 1,75 persen dan inflasi “year on year” sebesar 2,84 persen.


Dari keterangan resmi via zoom meeting, yang Kepala BPS Sulut Asim Saputra mengatakan iflasi Kota Manado pada bulan April 2021 disebabkan adanya peningkatan indeks terjadi pada kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 3,20 persen.


"Kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran juga menyumbang inflasi sebesar 0,81 persen, kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,14 persen dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,04 persen," ujar Kepala BPS Sulut Asim Saputra, Senin (3/5/2021).


Sedangkan dua kelompok yang mengalami penurunan indeks yaitu kelompok transportasi sebesar 0,63 persen dan  kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,06 persen. 


"Kelompok yang tidak mengalami perubahan yaitu kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tanggan, kelompok kesehatan, kelompok infromasi, komunikasi, dan jasa keuangan, kelompok rekreasi, olahraga dan budaya, dan kelompok pendidikan," kata Kepala BPS Sulut Asim Saputra.


(ss)

×
Berita Terbaru Update
close