Hari Pahlawan dan Ziarah di TMP Kairagi, Wagub Kandouw: Momentum Mengenang dan Menghargai Jasa Pahlawan Hari Pahlawan dan Ziarah di TMP Kairagi, Wagub Kandouw: Momentum Mengenang dan Menghargai Jasa Pahlawan - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Hari Pahlawan dan Ziarah di TMP Kairagi, Wagub Kandouw: Momentum Mengenang dan Menghargai Jasa Pahlawan

10 November 2021 | 12:29 WIB Last Updated 2021-11-10T04:29:00Z
Wakil Gubernur Steven Kandouw saat melakukan tabur bunga sebagai tanda penghormatan kepada jasa para pahlawan. (Foto istimewa)


MANADO, (indimanado.com) - Upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado berlangsung khidmat.

Ziarah dan tabur bunga tersebut dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 Nevember 2021.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw.

Upacara ziarah dan tabur bunga sebagai tanda penghormatan kepada jasa para pahlawan yang telah berjuang dan meraih kemerdekaan bangsa Indonesia.

Wagub Kandouw mengatakan, peringatan hari Pahlawan merupakan momentum untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan.

“Momentum retrospeksi dan kontemplasi bangsa atas jasa dan pengorbanan para pahlawan,” katanya.


Selanjutnya, dalam konteks berbangsa dan bernegara di masa pandemi COVID-19 saat ini, Wagub Kandouw mengajak seluruh elemen bangsa untuk menghargai tenaga kesehatan yang berjuang di garis depan melawan pandemi.

“Mereka ini (tenaga kesehatan, red) merupakan pahlawan nyata saat ini yang mengorbankan tenaga bahkan nyawa untuk melawan pandemi COVID-19,” pungkasnya.

Diketahui, pemerintah selalu memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November.

Tahun ini, kegiatan serupa juga dilakukan, mulai dari tingkat pusat hingga daerah. Berbagai rangkaian kegiatan pun sudah dipersiapkan.

Maksud dari kegiatan ini ialah untuk mengenang dan memperingati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Tak hanya itu, tujuan memperingati Hari Pahlawan ialah diharapkan bisa membangun ingatan kolektif dan kesadaran berbangsa dan bernegara. Selanjutnya diinginkan agar kegiatan ini bisa memperkokoh nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial.

Hari Pahlawan diharapkan pula dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuh-kembangkan nilai-nilai kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada Tanah Air kita dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Nampak Hadir dalam Upacara Ziarah dan tabur bunga ini, Forkopimda Sulut, Kepala SKPD dan Kepala Instansi vertikal dan Keluarga para Pahlawan serta pasukan TNI POLRI dan ASN. (*)
×
Berita Terbaru Update
close