Kunjungi Sulut, Jenderal TNI Dudung Disambut Hangat Gubernur Olly Kunjungi Sulut, Jenderal TNI Dudung Disambut Hangat Gubernur Olly - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kunjungi Sulut, Jenderal TNI Dudung Disambut Hangat Gubernur Olly

12 April 2022 | 15:59 WIB Last Updated 2022-04-13T04:19:45Z


MANADO, (indimanado.com) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey tak pernah abai, ketika pejabat pusat TNI/POLRI dan Menteri hadir di Sulut termasuk kedatangan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, SE, MM yang disambut dengan hangat.

Jenderal TNI Dudung merupakan lulusan Akmil 1988 dari kecabangan Infanteri Manado. Kehadirannya di Sulut dalam rangka kunjungan kerja (kunker) yang didampingi langsung oleh Gubernur Olly.


Menurut Gubernur Olly kunjungan Kasad ke Manado sekalian bersilahturahmi karena sejak dilantik pada 17 November 2021 lalu, Kasad belum pernah datang ke Manado, sehingga ini merupakan kunjungan pertama kali Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai Kasad.

Kasad hadir di Sulut dengan sejumlah kegiatan teragenda meliputi peresmian Asrama Prajurit Yonif Raider 712/Wiratama di Manado, penanaman pohon, pengarahan di Kodam XIII/Merdeka dan melaksanakan kuliah umum di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) serta memberi bantuan sosial ke Gereja.


Gubernur Olly menjemput langsung kedatangan Kasad Dudung di Bandara Sam Ratulangi Manado, pada Minggu (10/4/2022).

Kasad Dudung dan rombongan tiba di Manado sekitar pukul 16.40 Wita. Ini menjadi kunjungan yang pertama sejak dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Rombongan juga disambut dengan Tarian Pisok yang merupakan tarian adat Tanah Minahasa, Sulawesi Utara yang menceritakan kehidupan masyarakat Minahasa yang selalu hidup rukun, bekerja secara gotong royong, energik dan lincah.

Menariknya, Jenderal Dudung sebagai pemimpin tertinggi TNI, setibanya di VIP Room Bandara Sam Ratulangi, Manado yang didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Rahma Dudung Abdurachman didaulat memakai baju Adat Kabasaran khas daerah Minahasa.


Baju adat ini memiliki makna sebagai simbolitas keberanian dan kepemimpinan seorang Panglima Perang.

“Patut disyukuri, karena sejak dilantik Pak Kasad belum sempat berkunjung ke semua provinsi. Namun Sulawesi Utara saat ini sudah didatangi,” ungkap Gubernur Olly.

Kedatangan Kasad Dudung, kata Gubernur Olly merupakan sesuatu yang baik bagi Sulut.

Mengawali kunjungannya di wilayah timur Indonesia, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman, SE, MM, mengunjungi dan meninjau wilayah Kodam XIII/Merdeka di Manado, Sulawesi Utara.

Malam harinya, bertempat di Graha Gubernuran Bumi Beringin, dilaksanakan acara sillaturahmi Kepala Staf Angkatan Darat dan Ibu, Panglima Koarmada II dan Ibu bersama Forkopimda Suluttengo, dihadiri Gubernur Olly dan Wali Kota, Bupati, Wakil Wali Kota dan Wakil Bupati se-Sulawesi Utara.


Pada kesempatan itu, Gubernur Olly Dondokambey dan Jenderal TNI Dudung Abdurachman berkesempatan saling tukar cenderamata.

Pada Senin (11/4/2022), Jenderal TNI Dudung memberikan kuliah umum bagi mahasiswa melalui daring maupun luring di Universitas Sam Ratulangi.

Jenderal Dudung dalam memberikan materi kuliah umum tentang mahasiswa dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dan diikuti dengan serius oleh seluruh mahasiswa dari 11 perguruan tinggi se-Sulut.


“Bangsa ini milik bersama, bukan milik satu kelompok,” tutur Kasad. Dihadapan ribuan mahasiswa baik yang hadir dalam Auditorium Unsrat maupun ikut dalam zoom, Kasad menyampaikan salah satu materi kuliah yakni soal berita bohong/hoak, yang pada akhirnya mudah sekali terjadi konflik Sara.

“Jaringan internet begitu terbuka juga diiringi dengan berkembangnya berita bohong dengan menggunakan platform media, dimana kebohongan dapat menjadi kebenaran dengan memainkan emosi dan perasaan, hal ini berbahaya apabila tidak diimbangi dengan budaya literasi yang memadai,” ungkap Jenderal.


Agenda lainnya sebelum bertolak kembali ke Jakarta Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman didampingi Aster Kasad Mayjen TNI Karmin Suharna dan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfred Denny Tuejeh, memberikan donasi bantuan kepada Gereja GMIM dan Katolik di Manado.

“Semoga bantuan ini bisa membantu pembangunan dan mendukung kegiatan gereja, sehingga bisa berjalan dengan lancar,” ucap Kasad saat menyerahkan donasi bantuan kepada perwakilan tokoh agama di Aula Makodam XIII/Merdeka, Senin (11/4/2022).

Salah satu perwakilan tokoh agama, Uskup Manado Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu yang didamping Ketua Sinode GMIM Hein Arina, mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih atas donasi bantuan dari TNI AD kepada gereja-gereja yang ada di Manado tersebut.

“Kami mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pak Kasad, sebagai donasi dari pihak TNI AD untuk pembangunan gereja,” jelasnya.


“Pembangunan ini tak hanya soal fisik, tapi iman dari setiap umat, untuk membangun masyarakat dan bangsa kita dalam kesatuan NKRI,” pungkasnya.


Disela-sela kunjungannya ke Kodam XIII/Merdeka, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Rahma Dudung Abdurachman secara khusus juga menjenguk si kembar siam Joana dan Jovalin untuk memastikan kondisi kesehatan mereka yang sedang dalam proses tindakan medis untuk dilakukan operasi pemisahan beberapa hari ke depan.

Joana dan Jovalin saat ini baru berumur 2 tahun 3 bulan, keduanya merupakan putri dari pasangan Serda Fredrik Lumowa dan Marcela Amelia Sumakul. Sang ayah, Serda Fredrik merupakan prajurit TNI AD yang berdinas di Kodim 1302/Minahasa.


Saat bertemu si kembar, Kasad menyampaikan bahwa dirinya ingin memastikan seluruh kesiapan dan melihat perkembangan kondisi kesehatan Joana dan Jovalin sebelum menjalani operasi pemisahan.

“Kita semua mendoakan keduanya selalu diberikan kesehatan, keselamatan dan operasi yang akan dilaksanakan berjalan dengan aman serta lancar,” ucap Kasad.

Lebih lanjut Kasad menyampaikan operasi pemisahan akan direncanakan pada 21 April mendatang di RSUP Prof Kandou Malalayang Kota Manado yang secara intens bekerjasama dengan RSPAD Gatot Subroto.

“Awalnya akan dibawa ke RSPAD, namun karena sudah dirawat sejak kecil disini, sehingga dokter disini lebih paham kondisi dan rumah sakit disini mampu melaksanakan operasi tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Serda Fredrik Lumowa merasa terharu dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kasad yang telah memberikan perhatiannya dengan datang serta melihat secara langsung kedua putrinya tersebut di Manado.

“Kami sekeluarga sangat terharu. Terima kasih bapak Kasad dan Ibu, yang telah datang melihat putri kami. Ini menjadi hal yang luar biasa bagi kami sekeluarga, dan menjadi doa bagi keselamatan serta kesehatan anak kami,” ujarnya. 

Turut mendampingi Jenderal Dudung, Forkopimda Provinsi Sulut, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI A. Denny Tuejeh, Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno dan Ketua DPRD Sulut, Fransiskus Silangen dan jajaran
Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Mochammad Luthfie Beta, Irdam XIII/Merdeka, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka, para Danrem jajaran Kodam XIII/Mdk, para Asisten dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka serta pengurus Persit KCK PD XIII/Merdeka.

(Advertorial Kominfo Sulut)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close