Pentingnya Atlet Profesional Mengatur Jam Tidur Pentingnya Atlet Profesional Mengatur Jam Tidur - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pentingnya Atlet Profesional Mengatur Jam Tidur

26 April 2022 | 17:53 WIB Last Updated 2022-04-26T09:53:17Z
dr Riane Anggraini. (foto Dwi)

MANADO, (indimanado.com) - Setiap atlet melakukan persiapan yang matang agar dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Salah satu persiapan penting para atlet adalah tidur.

Tidur dan performa bisa dibilang sangat berkaitan tergantung cabang olah raga. namun secara umum jika mengambil standar internasional kurangnya tidur tidak hanya membuat seseorang menjadi mengantuk, tapi juga mempengaruhi proses perbaikan tubuh. Perlu Anda ketahui, waktu tidur adalah waktu dimana tubuh memperbaiki dirinya sendiri.

Menurut dr Riane Anggraini dari Academy of Sleep Wake Science INA saat di wawancara awak media mengatakan tidur juga dapat berpengaruh terhadap koordinasi antar bagian-bagian tubuh, ketahanan tubuh, kelincahan, dan tenaga. Semuanya ini sangat dibutuhkan seorang atlet

Atlet menjalani banyak latihan fisik, karenanya seorang atlet membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak dari biasanya. Jika kebanyakan orang membutuhkan 7 sampai 9 jam untuk tidur, seorang atlet membutuhkan lebih dari itu.

"Seorang bintang sepak Bola seperti Christiano Ronaldo saja membutuhkan tidur 10 - 12 jam sehari.memang standar tidur setiap cabang olah raga berbeda-beda ada yang 8- 9 jam. namun ada 4 hal pokok yang perlu diperhatikan yakni : Kesehatan jasmani, Kesehatan nustrisi dimana atlet harus bisa mengatur makananan yang dikonsumsi harus seimbang, serta yang tak kalah penting adalah jam tidur. Atlet harus memanajemen tidur seorang atlet tanpa mengesampingkan kehidupan dalam bersosial karna atlet juga membutuhkan ini, "ujar dr Riane Anggraini.

Ditambahkannya selain tubuh, tidur juga berpengaruh terhadap pikiran. Atlet yang sedang berkompetisi tentunya membutuhkan konsentrasi yang baik untuk mencapai tujuannya. Disinilah peran penting tidur lainnya.

"Jika seorang atlet mendapat tidur yang cukup setiap malam, atlet tersebut akan mampu mempertahankan fokus dan kewaspadaan saat pagi, siang, bahkan sampai sore hari.Kaitan antara tidur dan performa juga prnah dipelajari dalam sebuah studi. Studi yang dilakukan pada tim basket sebuah universitas selama beberapa bulan memberikan hasil yang cukup mengejutkan,"pungkasnya. (Dwi)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close