Dihadiri Konjen Philipina Di Manado, Desa Kuyanga Giat Sadar Wisata dan Pesona Menangkap Ikan Dihadiri Konjen Philipina Di Manado, Desa Kuyanga Giat Sadar Wisata dan Pesona Menangkap Ikan - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dihadiri Konjen Philipina Di Manado, Desa Kuyanga Giat Sadar Wisata dan Pesona Menangkap Ikan

23 July 2022 | 23:07 WIB Last Updated 2022-07-23T17:11:18Z
Sadar wisata dan pesona menangkap ikan di Desa Kuyanga. (Foto: Billy Lumintang/indimanado.com)

MITRA, (Indimanado.com) - Desa Kuyanga Kecamatan Tombatu Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang telah ditetapkan sebagai salah satu Desa Wisata mengelar kegiatan Sadar Wisata dan Pesona Menangkap Ikan, Sabtu (23/7/2022).

Kepala Dinas Pariwisata Sulut Hendry Kaitjili dalam sambutannya mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengungkapkan, untuk membangun Desa Wisata itu diawali dengan kekompakan Masyarakat.

"Jadi, kekompakan Masyarakat itu yang nantinya akan menjadi modal untuk Desa wisata, dan dengan Desa itu menggerakkan wisatanya, maka akan menggerakkan sektor lainnya," katanya.

Lanjutnya, misalnya pangan, pertanian dan lainnya.

"Maka, dengan kekompakan atau komitmen dari Hukum Tua dan Masyarkat serta Pemerintah Kabupaten untuk bergerak membangun Desa Wisata pastinya akan berdampak positif kedepan," ungkap Hendry.

Sadar wisata dan pesona menangkap ikan di Desa Kuyanga. (Foto: Billy Lumintang/indimanado.com)

Sementara itu, Wakil Bupati Mitra Jesaja J O mengatakan, Pemerintah Kabupaten Mitra mengapresiasi Pemerintah dan Masyarakat Desa Kuyanga sebagai salah satu Desa yang sadar wisata.

"Salah satu contoh kebersamaan, yaitu selama beberapa tahun danau Luak dipenuhi oleh eceng gondok, kini sudah bersih. Namun untuk menjadi Desa Wisata, maka Masyarakat perlu memperhatikan kebersihan, keamanan dan kenyamanan, apalagi untuk para wisatawan yang berkunjung di Desa Kuyanga ini," kata Legi.

Disamping itu, Konjen Filipina di Manado Angelica Escalona lewat juru bahasanya mengatakan, dirinya tertarik dengan pesona wisata di Desa Kuyanga.

"Pesona gunung, juga Danau dan saya dengar ada pemandian air panas di Kabupaten Mitra. Kedepannya kami pasti akan kembali mengunjungi tempat ini bersama keluarga dan teman-teman," tutup Konjen Angelica.

Kegiatan tersebut pun dilanjutkan dengan penangkapan ikan oleh Ratusan Masyarakat Kuyanga, juga ikut serta Wakil Bupati Mitra, Kepala Dinas Pariwisata Mitra, Camat Tombatu Utara dan Hukum Tua Djoni Tumewan bersama Ketua TP-PKK Desa Kuyanga.

Hadir dalam rangkaian kegiatan, Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Utara (Sulut), Hendry Kaitjili, Wakil Bupati Mitra Jesaja J O Legi, Konsulat Jenderal (Konjen) Filipina untuk Manado, Angelica Escalona, Kepala Dinas Pariwisata Mitra Johana Untu, Camat Tombatu Utara Sandra Kindangen, Polsek Tombatu, Danramil Tombatu. (Billy)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close