Rektor IAKN Manado Jeane Marie Tulung Resmi Jabat Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI Rektor IAKN Manado Jeane Marie Tulung Resmi Jabat Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Rektor IAKN Manado Jeane Marie Tulung Resmi Jabat Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI

17 September 2022 | 20:23 WIB Last Updated 2022-09-17T12:23:56Z
Foto istimewa

JAKARTA, (indimanado.com) - Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas secara resmi melantik DR Jeane Marie Tulung STh MPd sebagai Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen (Dirjen Bimas Kristen), Jumat(16/9/2022) di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat.

Jeane dilantik bersama 4 (empat) pejabat Eselon I Kementerian Agama RI lainnya, antara lain; Faisal menjadi Inspektur Jenderal, I Nengah Duija menjadi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu, Supriyadi menjadi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha, Suyitno menjadi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan.

Sebagai saksi penandatanganan
berita acara, Sekjen Kemenag Nizar dan Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani.

Dalam kesempatan sambutan Menag, Ia berpesan agar pejabat yang dilantik bekerja dengan penuh dedikasi.

"Kepada para pejabat yang dilantik dan semua pejabat yang hadir, saya minta agar bekerja dengan penuh dedikasi, menjadi teladan bagi lingkungan kerja dan masyarakat," jelasnya. 

Selanjutnya Menag menekankan agar memegang teguh sumpah jabatan yang baru saja diucapkan.

"Saudara-saudara dipromosikan dan terpilih setelah melalui serangkaian tahapan seleksi, uji kompetensi dan penilaian akhir yang melibatkan unsur eksternal di luar Kementerian Agama sehingga keputusan yang ditetapkan lebih objektif, transparan serta dapat dipertanggungjawabkan," ungkapnya.

Dia juga mengingatkan kepada mereka agar sebagai pejabat dan Aparatur Sipil Negara, agar harus bisa menempatkan kepentingan untuk menjaga kesatuan negara dan bangsa serta kerukunan antarumat beragama di atas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan.

Selaras dengan pesan Menteri Agama, Jeane Marie Tulung memiliki rekam jejak sebagai seorang tenaga pendidik yang fokus pada pendidikan, pembelajaran pendidikan Kristen hingga kepemimpinan Kristen.

Untuk meraih posisi tersebut, Jeane Marie Tulung telah menjalani seleksi panjang. Diketahui, Kemenag menggelar seleksi terbuka bagi jabatan pimpinan tinggi (JPT) madya atau yang sering disebut dengan Eselon I.

Pendaftaran dibuka secara online sejak 10 - 24 Mei 2022, dari yang mendaftar 60 lebih hanya 19 calon yang lolos seleksi administrasi untuk Dirjen Binmas Kristen, seperti diungkapkan Ketua Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Kementerian Agama 2022, Nizar Ali, diawal seleksi ini berlangsung.

Setelah memasuki tahap Asesmen Kompetensi empat hari, 21 – 24 Juni 2022, hasil akhir diumumkan oleh Panitia Seleksi Kamis (11/8/2022), dengan Jeane Marie Tulung sebagai salah satu calon dari 3 (tiga) calon terpilih untuk formasi Calon Dirjen Binmas Kristen.

Selanjutnya, nama calon Pejabat Pimpinan Tinggi Madya ini diajukan oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas selaku Pejabat Pembina Kepegawaian kepada Presiden Republik Indonesia untuk ditetapkan sebagai calon terpilih.

Sebelumnya, Jeane menempuh pendidikannya hingga Lulus kuliah strata satu Theologia tahun 1999 di Universitas Kristen Indonesia Tomohon. Kemudian menyelesaikam program S2 dan mendapat gelar Master Pendidikan (M.Pd) pada tahun 2006 di Universitas Negeri Manado. Dan gelar Doktor akhirnya diraih tahun 2013 di Universitas Negeri Jakarta.

Sementara riwayat mengajarnya tahun 2013–2017 di STAK Negeri Manado. Berbekal pendidikan menjadi dosen STAK Negeri Manado, akhirnya Jeane dipercaya menjadi rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN), Manado 20 Maret 2018 hingga sekarang (2022).

Ada banyak harapan pastinya dari masyarakat dengan wajah baru dari Ditjen Binmas Kristen Kemenag ini sehubungan dengan bagaimana kebutuhan umat Kristen dalam hal menjalankan ibadah agar bisa terakomodir dengan baik di seluruh wilayah Nusantara tercinta ini.

(Ido Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close