Kapolda Sulut Sosialisasikan Phising dan Cara Menghindarinya Kapolda Sulut Sosialisasikan Phising dan Cara Menghindarinya - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kapolda Sulut Sosialisasikan Phising dan Cara Menghindarinya

22 November 2022 | 18:01 WIB Last Updated 2022-11-22T10:03:16Z
Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto menghadiri acara sosialisasi dan silaturahmi Industri Jasa Keuangan Provinsi Sulut, Selasa (22/11/2022), di ballroom hotel Four Points Manado. (Foto istimewa)
Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto menghadiri acara sosialisasi dan silaturahmi Industri Jasa Keuangan Provinsi Sulut, Selasa (22/11/2022), di ballroom hotel Four Points Manado. (Foto istimewa)

MANADO, Indimanado.com - Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto menghadiri acara sosialisasi dan silaturahmi Industri Jasa Keuangan Provinsi Sulut, Selasa (22/11/2022), di ballroom hotel Four Points Manado. 

Dalam kegiatan yang dirangkaikan dengan perayaan HUT ke-11 Otoritas Jasa Keuangan ini, Kapolda Sulut didaulat menjadi keynote speaker dengan tema, “Phising dan Cara Menghindarinya”.

“Phising ini sudah banyak dilakukan. Phising itu adalah cara mendapatkan sebuah data atau informasi tanpa disadari dan tanpa diketahui oleh pemiliknya. Kemudian setelah mendapatkan (data atau informasi), para pelaku memanfaatkan untuk melakukan cara-cara atau upaya-upaya yang menyalahgunakan atau menyalahi hukum,” jelas Irjen Pol Setyo Budiyanto.


Lanjutnya, sosialisasi ini ditujukan kepada seluruh pimpinan Industri Jasa Keuangan dan diharapkan disosialisasikan lebih lanjut kepada seluruh pegawai termasuk juga kepada para nasabah dari masing-masing Industri Jasa Keuangan tersebut.

“Dengan banyaknya sosialisasi secara merata kepada masyarakat, harapan kami adalah, kegiatan phising ini yang bisa dialami oleh seluruh masyarakat atau bisa menjadi korban, tidak terjadi di wilayah Sulut. Kalaupun terjadi, tentu menjadi tugas dan tanggungjawab kami untuk menangani itu dengan melakukan penegakan hukum,” kata Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Ditambahkannya, aksi kejahatan siber sekarang ini semakin banyak terjadi seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan era digitalisasi.

“Semua orang menggunakan gadget, jadi potensi untuk menjadi korban (kejahatan siber) itu makin besar,” imbuh Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Oleh karena itu, dirinya mengingatkan kepada seluruh masyarakat, jangan mudah atau memberikan password kepada orang lain.

“Rutin untuk mengganti password-nya, kemudian berpikir dulu sebelum melakukan klik terhadap website atau mungkin berita-berita yang sekiranya mungkin dianggap tidak penting, tidak usah harus diklik. Atau banyak cara-cara lain untuk bisa lebih waspada terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan internet,” pungkas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya, Deputi Direktur Pengawasan LJK-OJK, Kepala OJK Sulutgomalut sekaligus Ketua FKIJK Provinsi Sulut, Dirut Bank Sulutgo, Kanwil 5 Pegadaian Manado, dan para pimpinan Industri Jasa Keuangan. (Dwi)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close