Sumendap: Usut Tuntas Kasus WNA Di Ratatotok, Sitorus Sebut WNA Tidak Terdata Sumendap: Usut Tuntas Kasus WNA Di Ratatotok, Sitorus Sebut WNA Tidak Terdata - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Sumendap: Usut Tuntas Kasus WNA Di Ratatotok, Sitorus Sebut WNA Tidak Terdata

21 January 2023 | 17:16 WIB Last Updated 2023-01-21T09:16:47Z
Bupati Mitra James Sumendap MH dan Kapolres Mitra Fery Sitorus. (Foto: Billy Lumintang/indimanado.com)
Bupati Mitra James Sumendap MH dan Kapolres Mitra Fery Sitorus. (Foto: Billy Lumintang/indimanado.com)

MITRA, Indimanado.com – Terkait kasus pembunuhan terhadap Warga Negara Asing (WNA) beberapa hari yang lalu, dilokasi tambang Alason Kecamatan Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Bupati James Sumendap, SH, MH angkat bicara.

Disaat ditemui sejumlah media Bupati James Sumendap, SH, MH mengatakan, kami telah menerima laporan dari Camat Ratatotok dan dinas terkait. Ada peristiwa tindak pidana Warga Negara Asing (WNA), dengan mengakibatkan orang tersebut meninggal dunia. Maka kami sudah menugaskan kepada dinas tenaga kerja untuk mengecek langsung ke lapangan.

“Setelah di cek di tempat kejadian perkara (TKP), korban warga negara asing tersebut bekerja di salah satu perusahaan. Tetapi perusahaan tersebut adalah ilegal,” ujar Sumendap, Jumat (20/1/2023).

Lebih lanjut dikatakan Bupati, kalau perusahaan yang jelas itu mereka melaporkan jika ada kejadian tindak pidana, namun kali ini tidak ada laporan sama sekali.

“Karena itu saya meminta, kepada pihak penegak hukum dalam hal ini kepolisian untuk terus menyidik serta menyelediki pihak-pihak terkait. Terutama disini bagi perusahaan yang mendatangkan tenaga kerja asing,” tegasnya.

Ditambahkan Bupati, setelah berkoordinasi dengan Dinas tenaga Kerja Provinsi Sulut dan Imigrasi. Ternyata, WNA juga tidak terdaftar sebagai tenaga kerja asing di Provinsi Sulut terlebih khusus lagi di Kabupaten Mitra. Tentunya, tenaga kerja asing tersebut adalah ilegal.

“Karena itu, saya memintakan kepada pihak terkait untuk menertibkan. Terutama disini, yaitu pihak imigrasi serta Dinas Tenaga Kerja Provinsi. Kita juga akan menertibkan semua tenaga kerja asing yang tidak jelas pekerjaan mereka di Kabupaten Minahasa Tenggara,” tutur Bupati.

Soal pendataan WNA di Kabupaten Mitra Bupati menjelaskan, sebetulnya bukan kewenangan kami untuk melakukan pendataan. Namun kejadiannya di lokasi Kabupaten Mitra, kami akan melakukan pendataan.

“Tentunya disini pihak kepolisian jangan hanya meminta pertanggung jawaban kepada pelaku. Tetapi kepada siapa WNA itu bekerja, kepada siapa WNA itu didatangkan itu juga harus diminta pertanggung jawaban agar semua jelas,” ucap Bupati.

Diakhir penyampaian Bupati memintakan, kalau perusahaan ilegal itu ditindak. Kami meminta kepada Kapolda, Kapolri termasuk bapak Presiden supaya ditindak semuanya.

“Karena saya rasa hal-hal seperti ini akan merusak citra Kabupaten Minahasa Tenggara. Seharusnya Kabupaten Minahasa Teng gara bukan saja melindungi semua masyarakat yang ada, tetapi melindungi turis asing atau tenaga kerja asing yang ada. Terutama yang masuk di Kabupaten Minahasa Tenggara,” tutup Sumendap

Sebelumnya, Kapolres Mitra AKBP Feri Sitorus menjelaskan, pihaknya sudah menyurat ke-Kedubes China di Jakarta.

"Terkai WNA tersebut, kami sudah menyurat kepada Kedubes China di Jakarta dan melaporkan ada warganya yang meninggal di daerah kami,"ucap Kapolres. 

Terkai legalitas WNA tersebut, menurut Kapolres tidak terdata, bahkan di Imigrasi pun tidak.

"Karena kedatangan WNA ini tidak melewati prosedur memasuki wilayah Mitra, jadi kami tidak terdata. Dan kami telah berkomunikasi dengan Imigrasi, mereka juga tidak terdata. Kemudian korban beraktivitas pun tidak terdeteksi, demikian juga teman-teman dari Imigrasi, aktivitas apa yang dilakukan, sampai terjadinya musibah tersebut, yaitu adanya tindak pidana pembunuhan," tutup Sitorus. (Billy)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close