Pemkot Bitung Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78 Pemkot Bitung Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78 - Media Independen

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemkot Bitung Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78

10 November 2023 | 17:14 WIB Last Updated 2023-11-10T09:14:32Z

Bitung, Indimanado.com - Hari Pahlawan ke-78 diperingati dalam bentuk upacara kehormatan di lapangan Kantor Walikota Bitung, Jumat (10/11/2023).

Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar SE didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bitung Ir Ign Rudy Theno ST MT memimpin upacara yang mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Pada Upacara ini, Hengky Honandar menyampaikan amanat dari Menteri Sosial.
"Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah, sebesar apapun ancaman dan tantangan yang akan kita hadapi," ucap Hengky Honandar.

"Dengan tangan mengepal dan dada menggelora,
dengan hanya berbekal bambu runcing, para Pahlawan dalam Pertempuran 10 November menghadapi musuh yang merupakan Pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya. Namun, Rakyat bergandeng tangan dengan para Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama berikut pengikutnya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu," kenang Hengky Honandar.

"Merdeka atau Mati! Semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945. Semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan. Menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa," gugah Hengky Honandar.

Hengky Honandar juga menyadur implementasi dari nilai perjuangan para pahlawan untuk Kemerdekaan Indonesia.

"Mewujudkan masa depan yang lebih baik. Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera," Kutip Wawali Honandar.

Ucapan selamat dan doa untuk para pahlawan mengiringi bagian penutup dari upacara tersebut.
"Selamat Hari Pahlawan tahun 2023. Marilah  kita  panjatkan  doa  bagi  para  Pahlawan yang telah gugur mendahului kita," seru Honandar.

Dalam kegiatan juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan atas peran serta partisipasi dalam kegiatan upacara pemerintah kota Bitung kepada Dandim 1310 Bitung, Danyonmarhanlan VIII, Kapolres Bitung dan Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung.

Hadir dalam kegiatan Forkopimda Kota Bitung,Para KPD, Para Camat, Lurah, para siswa SMP dan SMA/K di Kota Bitung.
(Ridho L Tobing)
CLOSE ADS
CLOSE ADS
close